Follow Us

Jangan Panik Kalau Smartphone Android Kamu Hang! Coba Lakukan Cara Praktis Ini..

Alvin Bahar - Selasa, 07 Juni 2016 | 04:00
Android Hang
Alvin Bahar

Android Hang

Android versi terbaru, prosesor termutakhir, dan menggunakan RAM 4 GB tak menjamin sebuah smartphone Android kebal masalah. Bisa aja tuh Android tiba-tiba hang!

Masalah bisa muncul karena software atau hardware. Salah satu yang kerap terjadi adalah perangkat mengalami panas berlebih. Solusinya mudah, tinggal matikan perangkat.

Bagaimana jika smartphone Android kamu benar-benar "bengong" alias nggak ada respon sama sekali saat layar atau tombol fisik disentuh. Berbagai cara sudah dilakukan, namun smartphone tak kunjung hidup dan beroperasi normal.

Seandainya hal seperti itu terjadi, jangan panik. Satu-satunya solusi yang bisa dilakukan, yaitu me-reset perangkat meski harus kehilangan seluruh data.

Untuk itu, diikuti langkah-langkah berikut ini, seperti yang dirangkum KompasTekno dari Phone Arena, Senin (6/6).

Tahan tombol volume bersamaan dengan tombol power untuk mengakses menu recovery Android.
1. Pertama, masuklah ke menu Recovery. Caranya adalah mematikan smartphone, lalu tekan dan tahan tombol Power bersama-sama dengan tombol volume up, down atau keduanya.

Peletakan tombol-tombol tersebut bisa berbeda untuk setiap perangkat. Selain itu, tiap produsen handset menerapkan metode reset berbeda. Cara di atas merupakan metode umum yang banyak digunakan.

2. Setelah masuk ke dalam menu recovery akan terlihat banyak pilihan berjajar. Tampilan menu recovery ini berbeda-beda tergantun masing-masing produsen smartphone. Meskipun demikian setiap smartphone pasti dibekali fitur ini.

Kemudian darilah opsi bertuliskan Wipe Data. Fungsinya seperti reset to factory setting. Opsi tersebut memerintahkan penghapusan seluruh data yang ada di smartphone dan mengembalikannya pada mode default.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest