Follow Us

Hai

/

Art

Muhammad Ali Pernah Melawan Superman, Siapa Pemenangnya?

Alvin Bahar - Senin, 06 Juni 2016 | 04:45
Sampul komik Superman vs Muhammad Ali
Alvin Bahar

Sampul komik Superman vs Muhammad Ali

1978 adalah tahun besar buat Muhammad Ali. Pada tanggal 15 September tahun itu, ia merebut gelar world heavyweight untuk ketiga kalinya sepanjang kariernya. Ia mengalahkan Leon Spinks, yang sebelumnya merebut gelar tersebut darinya, di Superdome New Orleans, dan menjadi petinju pertama yang bisa mendapatkan gelar world heavyweight sebanyak tiga kali. Setelah pertarungan tersebut, ia memutuskan pensiun (walau akhirnya bertinju lagi dua tahun setelahnya.)

Tapi, pencapaian terbesar Ali bukanlah hal yang HAI sebut di paragraf atas. Di tahun yang sama, petinju yang gantung sarung untuk selamanya pada tahun 1981 ini, menghadapi manusia terkuat di jagad raya. Manusia terkuat yang dimaksud adalah Clark Kent alias Superman, superhero andalan DC Comics.

Mereka berdua diadu dalam sebuah komik spesial "All-New Collectors' Edition". Sampulnya keren banget. Ali melawan Superman di ring tinju. Mau nggak mau, Superman pun mengenakan sarung tinju untuk melawan pria yang memeluk agama Islam pada tahun 1964 itu. Tempat pertandingannya kayaknya di luar angkasa, soalnya di langit-langit terlihat planet dan benda antariksa lain. Penontonnya pun penuh! Bahkan Batman terlihat ikut nonton di pinggir ring.

Draf komik Superman vs Muhammad Ali
Berawal dari ide gila

Ide memertemukan The People's Champion vs Man of Steel ini muncul dari editor DC Comics, Julius Schwartz. Sang penulis cerita, Neal Adams, ngaku semua orang di DC Comics ngetawain ide gila si Julian. Walau pada akhirnya, mereka setuju buat ngegarap komik itu.

Sebenernya, Ali bukan tokoh dunia nyata pertama yang bertemu Superman. Sebelumnya DC Comics pernah memertemukan Superman dengan ikon dunia seperti John F. Kennedy, Steve Allen, Bob Hope, Jerry Lewis, Allen Funt, Don Rickles, dan Pat Boone. Di tahun 1950-an, Superman malah pernah bertarung dengan pegulat profesional bernama Antonino Rocca.

Namun semua ikon itu beda dengan Ali. Saat itu, Ali memang lagi terkenal banget. Petinju itu juga punya syarat-syarat mutlak yang harus dipenuhi di komiknya. Sampai-sampai, penulis cerita untuk Superman vs Ali, Dennis O’Neil, nggak sempat menyelesaikan tugasnya karena Ali nggak suka. Neal Adams pun ditugasin buat ngelanjutin cerita tersebut.

"Mereka (Ali dan orang-orang di belakangnya, RED) senang dengan karya saya. Dan saya pun memegang proyeknya," ucap Neal.

Bertarung demi selamatkan Bumi

Apa sih yang bikin dua pahlawan ini bertarung? Ternyata untuk menyelamatkan Bumi dari serangan alien.

Jadi gini. Rat'Lar, pemimpin spesies Alien bernama Scrubb, ingin bertarung dengan petarung terhebat dari Bumi. Kalo nggak, Bumi bakal diacak-acak sama Rat'Lar dan kroco-kroconya.

Editor : Alvin Bahar

Latest