Follow Us

Kisah Kontroversial Komik Captain America Bukan Gimmick, Masih Banyak Rahasia Yang Belum Kita Tahu!

Alvin Bahar - Kamis, 02 Juni 2016 | 08:00
Ucapan kontroversial Captain America
Alvin Bahar

Ucapan kontroversial Captain America

Bulan Maret, tahun 1941. Komik perdana karakter terbaru Marvel, Captain America, bikin banyak fans komik dan warga Amerika Serikat terkejut dan marah besar. Pasalnya, cover komik tersebut memerlihatkan si pahlawan berperisai itu meninju Adolf Hitler tepat di wajah. Kondisi politik saat itu bikin banyak yang protes akan keputusan Marvel membuat komik yang cukup kontroversial.

Tapi, Marvel nggak takut dengan segala ancaman dan protes yang datang ke kantornya. Mereka tetap menerbitkan komik tersebut. Beruntung, walikota New York juga ngasih dukungan berupa aparat keamanan yang menjaga kantor Marvel. Sejak awal diterbitkan, Marvel memang membuat Captain America menjadi musuh para Nazi. Bertahun-tahun, ia melawan Nazi dan organisasi jahat peninggalan Nazi, Hydra. Hal tersebut juga diperlihatkan di film-film Marvel Cinematic Universe.

75 tahun setelah komik perdana Captain America terbit, Marvel membuat Captain America berubah 180 derajat dari yang udah kita ketahui. Ternyata, selama ini, Captain America adalah agen Hydra!

Dalam komik Captain America: Steve Rogers #1 yang terbit bulan Mei 2016 ini, Steve Rogers diceritakan baru saja mendapat kekuatan lamanya. Ia kembali kuat dan gagah seperti dulu setelah sebelumnya kehilangan pengaruh super soldier serum, yang bikin ia jadi tua. Peran Captain America pun digantikan oleh Sam Wilson. Kini, Steve Rogers kembali menjadi Captain America dan mendapatkan perisai baru karena perisai lamanya telah diberikan ke Sam Wilson.

Di komik ini belum diceritakan secara detil gimana ceritanya Steve jadi agen Hydra. Yang jelas, Ibunda Steve ternyata adalah agen Hydra juga.

Komik ini pun bikin para penggemar Captain America dan Marvel terkejut. Bahkan, banyak dari mereka bilang keputusan Marvel ini salah besar. Kira-kira, reaksi para fans ini hampir sama ketika komik perdana Captain America diterbitkan. Hashtag #SayNoToHYDRACAP pun lahir.

Reaksi Marvel pun sama seperti tahun 1941: Captain America adalah agen Hydra dan nggak akan berubah meski banyak protes!

Duh, jadi maksudnya Marvel apa sih dengan hal ini?

Bukan gimmick!

Banyak yang mengira perubahan Captain America ini cuma gimmick Marvel semata. Ya wajar aja lah, Marvel emang lagi suka "bereksperimen". Ingat gimana Marvel dengan berani membuat Thor seorang perempuan? Atau Ms. Marvel yang kini seorang cewek Muslim?

Fans berspekulasi HydraCap paling cuma bertahan beberapa edisi aja. Ada yang bilang itu cuma kloningan Steve asli, ada yang berkata Captain dicuci otaknya. Tapi Marvel berani jamin nih. Steve Rogers yang sekarang bukan gimmick!

Editor : Hai

Baca Lainnya





PROMOTED CONTENT

Latest