Follow Us

facebookinstagramyoutube_channeltwitter

7 Tips Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja

Alvin Bahar - Kamis, 12 Mei 2016 | 02:15
7 Tips Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja
Alvin Bahar

7 Tips Menulis Surat Pengantar Lamaran Kerja

Walaupun resume kamu penting, tapi surat pengantar lamaran kerja alias application letter sangat menentukan impresi pertama kamu.

Perlu diakui sih, kompetisi kerja sangatlah ketat. Setiap harinya, calon atasan kamu menerima puluhan atau bahkan ratusan lamaran dan setelah membaca untuk kesekian kalinya, kemungkinan besar mereka akan capek dengan kalimat-kalimat yang generik!

Lalu, bagaimana cara menulis surat pengantar lamaran kerja yang menarik dan meraih kesempatan wawancara?

1. Gunakanlah nada yang berbeda untuk setiap perusahaan

Hindari mengirimkan surat pengantar yang dapat digunakan untuk semua aplikasi pekerjaan karena mereka terlalu generik. Kamu perlu memastikan bahwa nada surat kamu sesuai dengan tipe pekerjaan yang kamu inginkan. Apakah perusahaan tersebut menginginkan orang yang serius atau supel? Keduanya memerlukan cara penulisan surat yang berbeda.

2. Yakinkan calon atasan atau HRD dengan pengalaman kamu

Kamu harus meyakinkan pembaca bahwa kamu adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut. Hal terbaik untuk meningkatkan nilai kamu adalah dengan menghubungkan pengalaman dan keahlian yang sudah kamu kumpulkan dengan deskripsi pekerjaan tersebut.

3. Jadilah berbeda

Jangan ulangi apa yang kamu tulis di resume. Surat pembuka berfungsi sebagai kesempatan untuk menunjukan personalitas kamu.

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest

x