Follow Us

10 Kampus Terbaik Di Indonesia, Kamu Berani Masuk?

- Jumat, 15 April 2016 | 07:00
cari uang tambahan di kampus
Hai Online

cari uang tambahan di kampus

Setelah ujian nasional (UN) sekolah menengah atas usai, saatnya memburu kampus idaman bagi yang ingin kuliah. Masalahnya, kampus mana?

Bicara idaman, tentu mau yang terbaik. Begitu juga dengan pencarian kampus ini.

Nah, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi pada 2015 melansir daftar peringkat kampus di Indonesia.

Merujuk data itu, ini 10 peringkat tertinggi perguruan tinggi di Indonesia berikut nama familiar kampus itu:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB) 2. Universitas Gadjah Mada (UGM) 3. Institut Pertanian Bogor (IPB) 4. Universitas Indonesia (UI) 5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) 6. Universitas Brawijaya (Unibraw) 7. Universitas Padjadjaran (Unpad) 8. Universitas Airlangga (Unair) 9. Universitas Sebelas Maret (UNS) 10. Universitas Diponegoro (Undip)

Kriteria

Ada empat kriteria menjadi pedoman kementerian ini dalam menilai perguruan tinggi. Pertama, kualitas sumber daya manusia (SDM). Kedua, kualitas manajemen perguruan tinggi. Ketiga, kualitas kegiatan kemahasiswaan. Terakhir, hasil penelitian serta publikasi ilmiah.

Meski pada peringkat total ada di peringkat tiga, IPB justru mendapat skor tertinggi—sebesar 4 poin—untuk kualitas SDM. Pada indikator ini, UGM di peringkat kedua dengan skor 3,99 dan ITB di posisi ketiga dengan skor 3,93.

Adapun untuk kualitas manajemen, IPB maupun ITB sama-sama mendapat nilai 3,9 poin. Poin kedua kampus sedikit di bawah UGM yang mengantongi skor 3,99. UGM menempati peringkat teratas untuk kualitas kegiatan mahasiswa, dengan skor bulat 4. Pada kriteria ini, selisih nilai cukup jauh. ITB ada di peringkat kedua dengan skor 1,9 dan menyusul di bawahnya IPB yang mendapat nilai 1,8.

Untuk kualitas penelitian dan publikasi, ITB jawaranya, dengan skor sempurna 4. UGM ada di peringkat kedua dengan skor 3,69, sedangkan IPB di peringkat ketiga yang mengantongi nilai 3,1.

Dari keempat kriteria tersebut, ITB menempati peringkat pertama karena mendapat total skor 3,743. Adapun UGM mengumpulkan skor 3,69, sedangkan IPB 3,49.

Berani masuk kampus terbaik?

Baca Juga:

Editor : Hai Online

Latest