Follow Us

Marquez Juara di GP Americas

- Senin, 11 April 2016 | 03:15
GP America 2016
Hai Online

GP America 2016

Marc Marquez terlalu dominan di Circuit of The Americas saat seri ketiga MotoGP musim ini, GP Americas, digelar Minggu (10/4/2016). Pebalap Repsol Honda itu finis pertama dan memperpanjang rekor selalu menangnya di GP Americas sejak 2013.

Balapan dimulai sangat “panas”, sebelum tikungan pertama Jorge Lorenzo (Yamaha Movistar) bisa terdepan walau Marquez start dari pole position. Tapi sayang Lorenzo melebar, Marquez yang sempat berdampingan dengan Valentino Rossi (Yamaha Movistar) masuk dari dalam. Posisi Lorenzo di depan Marquez hanya terjadi saat itu hingga akhir balapan.

Marquez bisa lolos dari jepitan dua pebalap Yamaha Movistar di tikungan pertama, setelah itu pemuda asal Spanyol itu langsung melesat tanpa bisa terkejar siapapun.

Malang buat Rossi, ia terjatuh pada lap ketiga saat berada di posisi kelima, Ban depannya kehilangan grip hingga stang membelok terlalu tajam, membuat YZR-M1 tidak lagi bisa dikendalikan. Motor Rossi tergelincir ke luar lintasan.

Marquez sepertinya bisa menyelesaikan GP Americas sambil mata tertutup. Mulai lap kelima ia unggul 2,1 detik dari Lorenzo di belakganya. Pada lap keenam, Marquez semakin melepaskan diri dari rombongan di belakangnya.

Pada lap ketujuh Dani Pedrosa melakukan kesalahan. Rekan satu tim Marquez itu kehilangan kendali lantas terjatuh dan menabrak Andrea Dovizioso yang berada di depannya. Kejadian ini yang kedua buat Dovizioso setelah ia ditabrak rekan setimnya Andrea Iannone di GP Argentina. Pedrosa bisa melanjutkan balapan namun akhirnya memutuskan masuk pit.

Pada lap kedelapan giliran Cal Crutchlow (LCR Honda) dan Bradley Smith (Monster Yamaha Tech 3) yang terjatuh. Kedua pebalap itu sanggup mendirikan motornya lalu kembali ke lintasan, namun dari banyaknya jumlah pebalap terjatuh mengangkat kritikan buat pemasok ban, Michelin.

Beda Marquez yang memimpin dengan Lorenzo di posisi kedua mencapai 4 detik pada lap kesepuluh. Posisi ketiga ditempati Iannone, keempat Maverick Vinales (Suzuki Ecstar) yang baru saja melewati rekan setimnya Aleix Espagaro. Posisi ini tidak berubah hingga balapan selesai.

Pada klasemen pebalap, Marquez memimpin dengan perolehan 66 poin, Lorenzo kedua dengan 45 poin, dan Rossi 33 poin. Seri keempat MotoGP 2016 akan digelar pada 24 April di sirkuit Jerez di Spanyol.

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest