Follow Us

Sejarah Vans, Sepatu Keren yang jadi Icon Generasi Y

- Selasa, 15 Maret 2016 | 10:45
Sejarah Vans
Hai Online

Sejarah Vans

Semua pasti kenal sama Vans! Sepatu keren yang jadi icon generasi Y, ini memang hype banget bertahun-tahun belakangan. Nah, tanggal 16 Maret 2016 ini, jadi tanggal penting buat sejarah Vans. Brand ini merayakan hari ulang tahunnya yang ke 50 tahun.

Balik ke 1966, awalnya sepatu Vans ini nggak diproduksi massal. Istilah kerennya made by order alias “Costum Shoes”. So, buat punya sepasang Vans, orang-orang harus datang ke tokonya yang ada di daerah selatan California. Amerika Serikat. Pesanan itu langsung diproduksi di bengkel sepatu yang letaknya persis di belakang toko.

Bengkel sepatu Vans di California
Mau tau harga awal sepasang Vans? Cuma US$ 4.99. Murah, kan? Wajar kalo lantas banyak yang tertarik sama brand ini. Termasuk sekolah-sekolah, tim olahraga sekolah, sampai tim cheerleaders memesan sepatu bikinan brand ini. Dari situ, sejarah Vans sebagai sepatu yang banyak dipakai anak muda dimulai. Dan, popularitasnya memuncak di tahun 1975 hingga 1980-an.

Apa yang membuat popularitas Vans melesat? Ternyata, ini nggak lepas dari pemikiran sang founder, Paul Van Doren. Di pertengahan '70-an, muncul ide cemerlang di kepala Paul. Entah kenapa, dia kepikiran aja untuk "bermain-main" dengan komunitas skater. Mulailah dia melahirkan sepatu skate. Biar lebih afdol, Vans mengajak dua orang skater ternama yang bernama Tony Alva dan Stacy Paralta untuk menjadi partner. Keduanya dibuatkan desain khusus untuk digunakan di berbagai pertandingan.

Desain itu diberi nama Vans #95 atau yang lantas dikenal sebagai Vans Era. And, the rest is history..... Vans semakin dekat dengan para skater, dan semakin menancapkan kukunya di dunia olahraga ekstrim, setelah "berteman" juga dengan komunitas BMX dan komunitas lainnya. Hal ini membuat Vans menjadi seragam tak resmi bagi skater dan BMX rider!

Vans #95 (Vans Era) "Off The Wall"
Di akhir 1970-an. Vans membuat sepatu slip-on checkerboard warna putih berbahan kanvas dan warna hitam berbahan karet . Di saat yang sama, Universal Studios Hollywood meminta pasokan sepatu untuk kebutuhan membuat film. Vans kemudian mengirim stock Checkerboard slip-on dengan jumlah cukup besar ke Universal Studio.

Sejak saat itulah, Vans kebanjiran order dari seluruh Amerika dan Dunia, sehingga menjadikannya salah satu sepatu "keds" paling laku di dunia sampai saat ini.

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest