Follow Us

Kuliah Di India, Bahasa Inggrisnya Ajaib!

- Kamis, 25 Februari 2016 | 13:43
Kuliah Di India, Bahasa Inggrisnya Ajaib!
Hai Online

Kuliah Di India, Bahasa Inggrisnya Ajaib!

Eits, jangan menganggap remeh negaranya Shah Rukh Khan ini. soal pendidikan, India nggak kalah juara. Banyak kampus di sini yang masuk ke rangking 200 besar kampus terbaik dunia.

Dari tingkat dasar sampai tingkat tinggi, sekolah di sana menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar. Tapi itu bukan berarti kita bisa dengan gampang mencernanya.

Dwinda, mahasiswa Indonesia yang kuliah di Osmania University jurusan Mass Communication cerita kalau dirinya selalu kesulitan memahami omongan dosennya.

“Yang paling bikin shock adalah dialek orang India. Awal-awal kuliah aku bengong di kelas nggak ngerti sama sekali apa yang dosen-dosenku jelasin. Aku pikir mereka ngomong bahasa Hindi, padahal mereka pake bahasa Inggris,” papar lulusan SMAN Bali Mandara ini . Sebagai solusinya, Dwinda jadi banyak nanya ke temannya.

Satu lagi yang bikin Dwinda agak keki, yaitu jadwal kuliahnya. “Kuliah (di sini) gila-gilaan. Sampai sore! Dan hari Sabtu gak libur. Cuma Sabtu di pekan kedua aja yang libur,” katanya.

Tapi enaknya, secara umum, kuliah S1 di sana cuma butuh waktu 3 tahun, sob! Udah gitu, di beberapa jurusan, mahasiswa nggak dibebani skripsi!

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest