Follow Us

Wah, Ada Prangko Gerhana Matahari Total

- Kamis, 25 Februari 2016 | 08:00
Gerhana Matahari Total
Hai Online

Gerhana Matahari Total

Fenomena gerhana matahari total yang diprediksi bakal terjadi pada 9 Maret 2016 mengundang banyak ide dari kepala orang Indonesia. Di beberapa tempat, penyelenggara acara untuk menyambut datangnya gerhana langka ini telah disiapkan. Berkah Gerhana Matahari Total ini terus mendatangkan banyak keuntungan terutama di sektor pariwisata.

Ya, Indonesia merupakan satu-satunya wilayah di dunia yang akan dilintasi gerhana matahari total. Fenomena gerhana matahari total di Indonesia ini baru akan terjadi lagi pada 2048. Untuk itu kesempatan 9 Maret nanti tidak akan disia-siakan.

Menurut jadwal yang dipaparkan Menteri Koordinator Kemaritiman Indroyono Soesilo, di Jakarta, Gerhana matahari total akan melintasi 10 provinsi di Indonesia pada 9 Maret 2016 pukul 07.20-08.00.

Meski hanya 40 menit, 10 provinsi yang dilintasi, antara lain Palembang (Sumatera Selatan), Bangka dan Belitung (Provinsi Babel), Sampit (Kalimantan Tengah), Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Balikpapan (Kalimantan Timur), Palu, Luwuk, dan Poso (Sulawesi Tengah), Ternate (Maluku Utara), dan Halmahera (Maluku Tenggara) sudah menbuat beberapa paket wisata untuk mengajak wisatawan menyaksikan langsung fenomena alam tersebut.

"Sebanyak mungkin devisa bisa masuk melalui gerhana matahari total. Kami mengarahkan mereka tinggal lebih lama lagi di jalur ini," kata Indroyono seperti dikutip dari Kompas.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin mengemukakan, fenomena gerhana matahari total sangat unik karena hanya melintasi wilayah tertentu. Durasi gerhana matahari total (hitam) di Indonesia akan berlangsung selama 1-3 menit.

Gerhana bulan dan gerhana matahari umumnya terjadi 5-7 kali per tahun, sedangkan gerhana matahari total dua tahun sekali.

*Pantai Lamaru di Balikpapan jadi salah satu lokasi yang seru melihat Gerhana Matahari Total

Ada Prangko Gerhana Matahari Total

Selain paket wisata, menyambut datangnya gerhana matahari total pemerintah daerah dan swasta telah menyiapkan banyak hal demi memeriahkan fenomena langka tersebut.

"Silakan pihak swasta berkontribusi membuat suvenir dan menghidupkan kesenian daerah," kata Indrayono lagi.

Yang unik, pihak kantor Pos Indonesia mengeluarkan prangko edisi Gerhana Matahari Total. Peluncuran prangko tersebut sebagai bagian menyambut dan merayakan gerhana matahari total pada 9 Maret mendatang. Prangko ini baru diluncurkan PT Pos Indonesia dan sudah dijual kepada masyarakat. Komunitas filatelis pasti mengincarnya!

Nah, kalian yang punya ide bisnis, ada ide lain nggak membuat “sesuatu” jelang Gerhana Matahari Total?

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest