Follow Us

5 Planet Akan Terlihat di Langit Indonesia Hingga Tanggal 20 Februari, Begini Cara Lihatnya

Alvin Bahar - Kamis, 28 Januari 2016 | 08:15
Planet
Alvin Bahar

Planet

Hingga 20 Februari 2016 mendatang, warga Indonesia berpotensi menyaksikan salah satu fajar terindah. 5 planet akan terlihat di langit Indonesia sekaligus sebelum matahari terbit. Seluruh Indonesia bisa melihatnya.

Fenomena itu nggak terjadi setiap saat lho. Terakhir, tampilnya lima planet sekaligus terjadi pada akhir tahun 2004 hingga pertengahan 2005. Jadi, fenomena ini layak untuk disaksikan.

Lima planet yang akan tampil di angkasa dalam fajar terindah itu adalah Mars, Venus, Jupiter, Saturnus, dan Merkurius. Kelimanya bisa dilihat dengan mata telanjang.

Berdasarkan aplikasi astronomi Stellarium, Venus merupakan planet yang akan tampak paling terang. Magnitudonya -3,4. Magnitudo menyatakan kecerlangan benda langit, makin kecil nilainya, makin terang penampakannya.

Jupiter akan menjadi planet tercerlang kedua dengan magnitudo -1,95. Planet ini merupakan satu-satunya yang akan tampak di sisi barat.

Merkurius dan Saturnus akan tampak paling redup, magnitudonya 0,21 dan 0,73. Namun, dalam kondisi langit cerah dan gelap, keduanya masih bisa diamati dengan mata telanjang. Mars cukup terang dan mudah dibedakan karena warnanya yang kemerahan.

Baca Juga

3 Musisi Asal Yogjakarta Terguncang Gempa 5,6 SR. Siapa Aja?

Gempa vs Twitter

Band Ini Bikin Video Klip Saat Gerhana Matahari

source: Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest