Follow Us

4 Fakta Senyap, Film Dokumenter Tentang Indonesia Yang Masuk Nominasi Oscar 2016

Alvin Bahar - Jumat, 15 Januari 2016 | 10:30
Senyap
Alvin Bahar

Senyap

Film dokumenter berjudul Senyap (The Look of Silence) karya sutradara Denmark, Joshua Oppenheimer, masuk nominasi Oscar untuk kategori Documentary Feature. Dalam film tersebut, sineas Amerika Serikat mengangkat tema soal pembantaian massal pasca tragedi Gerakan 30 September (G30S) di tahun 1965. Berikut 4 fakta Senyap, film dokumenter tentang Indonesia yang masuk nominasi Oscar 2016.

Ditolak di berbagai daerah di Indonesia

Sama seperti film Jagal atau The Act of Killing, sesi pemutaran Jagal di Indonesia juga sering dibatalkan atau dicekal. Seperti sebagian warga Malang menolak diputarnya film dokumenter Senyap atau The Look of Silence di lingkungannya.

Film yang mengisahkan pembantaian massal 1965 itu rencananya diputar di Warung Kalimetro, Jalan Joyosuko, Kelurahan Mertojoyo, Kota Malang, Jumat (12/12) malam. Namun batal.

Pembatalan pemutaran film dokumenter itu atas permintaan warga di lingkungan setempat. Warga merasa khawatir. Sebab, sebelumnya ada aksi pembubaran pemutaran film Senyap itu oleh sekelompok Ormas di Warung Kelir, Kota Malang, pada Rabu (10/12).

Baca Juga

"The Act Of Killing" Bisa Diunduh Gratis di Indonesia

5 Film Yang Direkam dengan iPhone

3 Fakta Film Siti, Film Terbaik Festival Film Indonesia 2015

source: Tribunnews.com, Kompas.com

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest