Follow Us

Kamera Lipat dalam Buku

Rizki Ramadan - Senin, 14 Desember 2015 | 02:57
This Book is A camera, kamera Pinhole yang bisa dilipat
Rizki Ramadan

This Book is A camera, kamera Pinhole yang bisa dilipat

Para kreator emang nggak ada henti-hentinya berinovasi, sob! Seorang seniman bernama Kelli Anderson belum lama ini mengumumkan temuannya, yaitu kamera yang bisa dilipat.

Yap, kamera pinhole itu ada di lipatan buku yang ia beri judul This Book Is a Camera. Sebagaimana buku pop up lainnya, sebuah bentuk akan mencuat dari lipatan-lipatannya ketika dibuka. Nah, di buku ini, bentuk itu adalah kamera pinhole.

Begitu buku dibuka, kamera pinhole akan keluar. Kita hanya perlu mengunci lipatan kertas tersebut biar nggak bocor kamera, lalu memasukkan kertas film di bagian punggung kamera. Untuk menangkap gambar, buka lubang diafragramanya. Voila! Gambar akan ditangkap.

Selanjutnya, kertas film diproses di ruang gelap, dan gambar negatif akan keluar. Dengan scanner atau aplikasi di smartphone gambar diinvert menjadi foto positif. Jadi deh!

“beberapa tahun belakang ini, saya sudah mencoba memahami permainan di fotografi analog. Untuk melakukan ini saya sering membongkar perkakas, mengubah tampilan normalnya dan mengurangi fungsinya,” tulis Kelli.

Tertarik nyoba, bisa dipesan di website-nya sang seniman, www.kellianderson.com

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest