Follow Us

Cara Unik Bikin Lagu ala Che Cupumanik

Alvin Bahar - Rabu, 04 November 2015 | 10:00
Che Cupumanik
Alvin Bahar

Che Cupumanik

Buat para penggila musik grunge lokal, nama band Cupumanik udah nggak asing lagi pastinya. Band yang udah terbentuk dari tahun 1996 ini bisa dibilang salah satu “kiblat” grunge tanah air. Lagu-lagu yang dimainkan oleh Che (vokal), Iyak (bass), Eski (gitar), dan Dony (drum) selalu asik untuk didengar dan punya arti yang mendalam pula. Usut punya usut, ternyata itu semua karena cara unik bikin lagu ala Che Cupumanik, si vokalis.

Penasaran kan dengan proses pembuatan lagunya? Che yang ditemui di acara Musik Berbagi, Selasa (3/11), membeberkan doi dan rekan-rekan dalam membuat lagu. “Ini nggak bisa jadi patokan semua orang untuk membuat lagu, tapi ini adalah signature way gue,” ucap Che.

Kalau biasanya musisi lain menggarap musik mulai dari liriknya, kalau Che beda. Pertama yang terpenting menurutnya adalah aransemen yang matang. “Gue selalu memulai dari aransemen musiknya dulu. Gue cari chord yang enak dan nyambung,” jawabnya.

Tahap kedua pembuatan lagu ala Che adalah notasi nada vokal. Pemetaan nada untuk vokal itu penting, khususnya buat vokalis sepertinya. “Notasi nada vokal itu penting, biar kita tau nada yang bakal kita nyanyiin gimana, jadi saklek, nggak berubah-ubah,” lanjut Che.

Terakhir, barulah lirik. Itulah yang Che dan Cupumanik lakukan dalam membuat musik. Menurut vokalis yang bergaya nyentrik ini, lirik terakhir karena membutuhkan waktu yang lama dalam pemilihan kosakatanya. “Kenapa lirik gue taro paling terakhir? Karena emang gue biasa begini. Lebih dari itu, penulisan lirik itu butuh waktu yang nggak sedikit. Butuh penjiwaan, konsentrasi, dan pemilihan kosakata yang nggak asal-asalan biar hasilnya bagus,” tutup Che dengan ramah.

Udah tau cara unik bikin lagu ala Che Cupumanik? Sekarang praktekkin yuk!

Baca Juga

Album ke-2 Cupumanik "Menggugat" Resmi Dirilis

Tips Jadi Vokalis Grindcore dari Boy "Dead Vertical"

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest