Follow Us

3 Mitos Mi Instan yang Harus Kamu Ketahui

Alvin Bahar - Jumat, 23 Oktober 2015 | 08:15
Mi Instan
Alvin Bahar

Mi Instan

Mi instan memang favorit banyak orang, tapi banyak mitos seputar mi instan yang membuat orang menjadi ragu untuk mengonsumsinya. Tapi apakah mitos-mitos itu benar? Inilah tiga mitos mi instan yang harus kamu ketahui:

Baca Juga

Tips Memasak Mi Instan yang Sehat dan Enak Seperti Kemasannya

3 Kandungan Berbahaya dalam Mi Instan

Ini Bahaya Terlalu Sering Makan Mi Instan

1. Mengganti air rebusan mi instan atau merebusnya dua kali

Menurut Prof. Dr. Hardinsyah, MS, Guru Besar Depertemen Gizi Masyarakat FEMA Institut Pertanian Bogor, mengganti air rebusan mi instan nggak diperlukan. Ia menambahkan bahwa beberapa mi instan di Indonesia, tepung terigunya sudah mengandung asam folat yang baik untuk tubuh, dan asam folat itu justru larut dalam air, sehingga jika dibuang otomatis kita tidak mendapatkan asam folat tersebut.

2. Tubuh memerlukan waktu beberapa hari untuk mencerna mi instan

Prof. Dr. Hardinsyah membantah mitos tersebut. Menurutnya, jika tubuh terasa berenergi setelah makan, berarti makanan tersebut diolah dengan baik oleh tubuh. Sebaliknya, jika setelah makan malah merasa lemas, berarti makanan tersebut nggak bisa dicerna dengan baik. Ia kemudian menambahkan, setelah makan mi instan, tubuh akan merasa berenergi, yang berarti mi instan dapat langsung diolah oleh tubuh.

3. Makan nasi dengan mi instan, baik atau nggak?

Jawabannya adalah nggak baik. Karena baik nasi dan mi instan sama-sama karbohidrat. Prof. Dr. Hardinsyah menyarankan untuk meragamkan asupan makanan, misalnya, memakan mi instan dengan telur dan sayur untuk menyeimbangkan asupan protein dan vitamin.

source: kawankumagz.com, nationalgeogrpahic.co.id

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest