Follow Us

Street Soccer HAIDay 2015 Itu Beda Dengan Futsal

Alvin Bahar - Minggu, 11 Oktober 2015 | 07:45
Street Soccer HAIDay 2015
Alvin Bahar

Street Soccer HAIDay 2015

Keseruan HAIDay 2015 yang digelar di Plaza Timur, Senayan, Jakarta, Sabtu (10/10) masih berlanjut. Nggak cuma mainstage, nyatanya, para pengunjung yang hadir juga memadati area lain yang tersedia, salah satunya adalah Sport Area.

Nggak heran, sih. Soalnya, di area ini, kita bisa menyaksikan teman-teman dari beragam sekolah menunjukkan kemampuan mereka di beberapa bidang olahraga, kayak basket dan sepakbola. Namun, berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau dari penyelenggaraan tahun pertama HAIDay menghadirkan kompetisi futsal, khusus di tahun ini, street soccer yang jadi ajang unjuk giginya.

Terus apa bedanya dengan kompetisi futsal yang sering digelar? Banyak, sob. Biar nggak bingung, ini dia beberapa perbedaan yang bakal lo temukan saat nonton kompetisi street soccer, Minggu (11/10) besok. Tentunya cuma di HAIDay 2015.

  • Pemain
Beda kayak futsal, dalam kompetisi ini, kita hanya akan melihat empat orang dalam satu tim yang bakal berusaha untuk mencetak sebanyak-banyaknya gol. Dalam tim, 1 orang akan berperan sebagai penjaga gawang, dan 3 orang lainnnya berperan sebagai pemain bertahan atau menyerang.

  • Ukuran Lapangan dan Gawang
Berhubung pemainnya cuma 4, maka luas lapangan juga jadi lebih kecil. Satu lagi perbedaan yang bakal kita lihat kalau nonton kompetisi ini adalah adanya gawang yang nggak biasa. Yap, dalam street soccer, gawang yang digunakan lebih lebar dan lebih pendek dari gawang yang bisa kita temukan dalam permainan futsal.

  • Nggak Ada ‘Out’
Satu hal yang menarik dalam kompetisi ini adalah para pemain yang ada di lapangan bakal terbebas dari peraturan ‘Out’. Meski begitu, pemain juga bisa mendapat out, jika bola yang ditendang melebihi batas tinggi maksimal, yakni sebatas pundak orang dewasa.

  • Kiper Nggak Boleh Maju!
Dalam street soccer, kita akan melihat kalau sang penjaga gawang akan terus stay di tempatnya. Dalam permainan ini, si kiper nggak boleh melewati garis berbentuk curve yang ada. Kalau melanggar, akan dikenakan pelanggaran.

  • Pelanggaran Ringan Dapat Kartu Biru!
Tenang, nggak usah keburu bingung. Soalnya, kartu biru di sini punya fungsi yang sama kayak kartu kuning yang biasa kita temukan di olahraga futsal dan sepakbola. Beda warnanya aja, kok.

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest