Follow Us

"Ngetes" Honda Sonic Versus Suzuki Satria

- Jumat, 25 September 2015 | 10:00
Honda Sonic vs Suzuki Satria
Hai Online

Honda Sonic vs Suzuki Satria

Di atas kertas, perbedaan Honda Sonic 150R dan Suzuki Satria F150 punya perbedaan karakteristik mesin. Untuk membuktikannya, KompasOtomotif memboyong kedua sepeda motor ini untuk di tes bersamaan. Tes dilakukan untuk mengenal lebih lanjut karakter kedua sepeda motor bebek "ayam jago" ini.

Rasa penasaran kami memuncak untuk mencoba lebih dulu New Sonic 150R di jalan raya. Berbekal spesifikasi teknis torsi Sonic ada di angka 13,5 Nm pada 6.500 rpm, benar saja, perasaan "menjambak" langsung terasa ketika selongsong gas di putar dari posisi idle. Sepertinya Honda sengaja menciptakan karakter ini sesuai "habitat" Sonic yang bakal banyak digunakan pada area perkotaan yang padat, sehingga menuntut perilaku "stop and go".

Rivalnya, Suzuki Satria F150 justru terasa lebih jinak di putaran bawah. Melongok data teknis, menunjukan kalau penguasa pasar bebek "ayam jago" ini menawarkan torsi puncak 12,7 Nm @8.500 rpm. Namun, begitu raungan mesin mulai terdengar, entakan baru terasa.

Tes selanjutnya dilakukan di jalan lurus dan kosong. Grip gas dipelintir lebih dalam, terasa kedua sepeda motor punya tenaga yang cukup mumpuni guna menunjang kegiatan sehari-hari. Namun memang, setelah dites, tenaga maksimum Sonic lebih cepat didapat ketimbang Satria FU, meski terpaut tipis.

Jika kembali melongok data teknis, Sonic menyemburkan tenaga maksumum 15,77 tk @9.000 rpm, sedangkan Satria FU 15,77 tk @9.500 rpm. Di sisi lain, nafas Satria sedikit lebih panjang. Selain itu, faktor bobot Satria yang lebih ringan dan ramping, membuatnya lebih enak diajak melesat.

Source : kompas.com

Editor : Hai Online

PROMOTED CONTENT

Latest