Follow Us

Yes No Wave : Tidak Ada Uang di Antara Kita

Erick Tobing - Senin, 07 Desember 2009 | 13:51
Yes No Wave Tidak Ada Uang di Antara Kita
Erick Tobing

Yes No Wave Tidak Ada Uang di Antara Kita

"Musik kalian bagus, unik tapi nggak banyak yang tau dan nggak laku di pasar arus utama. Gratisin aja, disebar di internet. Satu orang download, yang lain pada ngopy dari hardisk-nya. Nyebar kan? Banyak yang suka, banyak yang ngundang main, banyak yang beli merchandise. Dari pada susah-susah bikin CD/kaset, bisa abis duit banyak, padahal belum tentu laku. Belum lagi direpotkan dengan distribusi antar distro yang biasanya susah nagihnya. Lagi pula, nanti juga lagu kalian di-convert ke MP3," beber Wowok, mengenai cara dia membujuk band untuk merilis album lewat Yes No Wave.

Jurus ini terbukti ampuh. Paling nggak, sejak terbentuk pada 2007, udah ada 36 album dari 27 artis yang mereka rilis. Termasuk di antaranya The Upstairs dan White Shoes and the Couples Company.

Jujur, bukan hal gampang buat menjalankan sebuah net label kayak Yes No Wave. Salah satu kendala terbesar adalah meyakinkan artis untuk mau bergabung. Kenapa sulit? Karena uang sama sekali nggak dilibatkan di sini.

Coba bayangin, si artis nggak bakal dapet duit dari pendistribusian albumnya, dan si label juga nggak dapet apa-apa dari situ. Jelas perlu sebuah idelisme besar yang bermain di sini.

"Prinsip kami adalah 'tidak ada uang di antara kita'. Nah, untuk membayar kebutuhan seperti langganan internet, sewa domain dan hosting, kami cari lewat penjualan merchandise. Selain itu kami juga menerima sumbangan sukarela melalui PayPal seperti yang dilakukan oleh Wikipedia atau pengembang software gratis," jelas cowok yang bernama asli FX Woto Wibowo.

Sampai saat ini, semuanya masih berjalan mulus. Paling nggak, misi mereka untuk memberikan alternatif baru dalam pendistribusian musik tanpa melupakan aspek penghargaan akan hak cipta sudah tercapai.

Pengen gabung bersama mereka? Mampir aja ke website mereka buat submit demo rekaman yang kita punya. Pastikan saja kita punya musik yang unik. Karena, itu merupakan satu-satunya syarat buat bergabung di sini.

"Pokoknya musik harus unik. Kalo jelek, ya sekalian jelek banget. Kalo bagus, ya sekalian bagus banget. Gue suka musik-musik yang crossover. Lintas genre atau memiliki konsep dan karakter yang kuat," beber Wowok.

Mantap!

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Hai Play

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular