Follow Us

Keren! Ketua OSIS Dipilih Secara Online

- Kamis, 27 Agustus 2015 | 05:00
ilustrasi: SMANTIC dari Ciamis pernah juga menggelar pemilihan ketua OSIS online!
Hai Online

ilustrasi: SMANTIC dari Ciamis pernah juga menggelar pemilihan ketua OSIS online!

Udah nggak pakai kertas, pulpen, atau ribet-ribet mencetak gambar wajah kandidat ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) di jasa percetakan segala. Dengan sangat keren, Kamis (27/8) hari ini, pelajar SMAN 1 Klaten sedang menggelar pemilihan ketua OSIS mereka secara online!

Yap, kemajuan teknologi secara nyata dimanfaatkan teman-teman SMAN 1 Klaten, nih! Untuk memilih Ketua OSIS periode 2015/2016, para pelajar di sekolah itu dianjurkan menggunakan gawai, komputer, ataupun laptop yang terkoneksi internet untuk memberikan vote (suara) secara langsung dan dalam jaringan alias online.

Meski baru kali pertama menyalurkan suara mereka secara online, petunjuk memilih nama ketua OSIS yang baru cukup jelas! Ketua Musyawarah Perwakilan Kelas (MPK) SMAN 1 Klaten, Rizal Hamdi bilang, munculnya ide pemilihan Ketua OSIS secara online ini karena berawal dari mepetnya waktu menggelar pemilihan pengurus OSIS sekolah setempat. Waktu yang tersedia cuma sekitar 1,5 bulan, untuk itu ia dan timnya segera meluncurkan inovasi Pemilihan Ketua OSIS online ini!

“Kami dari MPK memiliki ide untuk berinovasi mengadakan pemilu yang lebih efisien dan efektif serta hemat waktu. Kami juga berpikir seiring majunya teknologi kenapa tidak mengimplementasikan ke sebuah penyaluran demokrasi,” kata Rizal Hamdi yang langsung menggandeng organisasi lain di SMAN 1 Klaten yang selama ini berkecimpung di bidang IT yakni SECURE. Tim ini yang sukses mengaplikasikan sebuah website pemilihan ketua OSIS mereka.

Dengan bermodalkan sebuah website yang merupakan subdomain dari website sekolah setempat yang sudah dibikin. Website dengan alamat pemilu.sman1-klt.sch.id itu bisa dibuka menggunakan gadget, komputer, ataupun laptop yang memiliki akses internet.

Koordinator dan tim IT SMAN 1 Klaten, Wisnu Utomo, mengatakan timnya sudah melakukan beragam penyesuaian agar hanya murid SMAN 1 Klaten sebagai pemilih yang memiliki kata kunci sehingga bisa masuk ke dalam sistem pemilihan online. Kata kunci itu bakal dibagikan kepada seluruh murid saat hari pemilihan dan dirancang agar berfungsi sekali serta untuk satu siswa saja.

“Kami tidak menggunakan biaya apapun alias nol rupiah karena menginduk pada website sekolah,” katanya yang bakal melakukan proses pemberian suara pada Kamis (27/8) pukul 12.15-14.50 WIB. Pada pukul 15.00 WIB, hasil hitung cepat pemilu OSIS pun bakal segera diketahui.

“Sistem sudah dikunci. Kami menerapkan generator password. Jadi, asas jujur, langsung, umum, dan rahasia tetap terjaga. Kami pun tidak mengetahui siapa memilih siapa dalam pemungutan suara ini. Dari hasil pemilu ini nanti juga dapat diketahui berapa jumlah pemilih dan siapa yang golput,” katanya lagi.

Dalam pemilihan Ketua OSIS secara online ini, terdapat dua pasang kandidat yang bakal dipilih para siswa yakni Gumelar yang merupakan Mitratama atau calon Ketua OSIS serta Seno sebagai Mitramuda yang merupakan calon Wakil Ketua OSIS. Pasangan lainnya adalah Megan sebagai calon Ketua OSIS serta Akmal sebagai calon Wakil Ketua OSIS.

“Sudah ada serangkaian tahapan seperti wawancara, forum group disccussion, kampanye orang di setiap kelas hingga saat upacara,” katanya lagi.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Aris Sutaka, mendukung sepenuhnya inovasi yang dilakukan para siswa. Proses tersebut bakal dievaluasi dan dimungkinkan untuk digelar pemilihan selanjutnya.

“Pemilihan online lebih efektif karena tidak perlu mencetak surat suara. Sementara, pada pemilihan secara konvensional membutuhkan banyak kertas. Padahal jumlah siswa sekitar 998 orang,” jelasnya.

Wah, kalau sudah terpilih, sang ketua dan wakil OSIS terpilih secara online ini boleh nggak ya bekerja dengan cara online aja, hehehe!

sumber:solopos

Editor : Hai Online

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest