Follow Us

Haryo Pramoe: Imej Brutal dan Satanic di Metal Cuma Gimmick Aja

Rian Sidik (old) - Rabu, 06 Juli 2011 | 06:31
Haryo Pramoe Imej Brutal dan Satanic di Metal Cuma Gimmick Aja
Rian Sidik (old)

Haryo Pramoe Imej Brutal dan Satanic di Metal Cuma Gimmick Aja

Haryo Pramoe yang pernah membesarkan band Parau di era 80-an, memang sempat khawatir dengan perkembangan musik metal yang sempat nyerempet ke arah satanic dan brutalisme. Padahal, menurutnya itu semua adalah kemasan atau gimmick. Dia pun lantas memberi contoh Tommy Lee-nya Motley Crue.

"Band itu dan personelnya kan punya imej sex, drugs n rock n roll. Tapi kalo lo baca bukunya dia, Tommy itu omongannya terpelajar sekali. Bicaranya runut dan jelas. Makanya akhirnya gue pikir imej-imej itu emang di-set oleh industrinya. Dan mereka profesional sekali menjaga imejnya," tutur drummer yang sekarang lebih ngetop sebagai chef.

Sang gitaris Parau, Iwan (sekarang di Alien Scream) di akhir 80-an pernah punya aksi panggung mencoreng mukanya dengan warna merah. "Biar kesannya muka gue belepotan darah. Padahal itu warna lipstick," kenang Iwan.

Sayangnya, memang banyak penikmat musik - bahkan musisi metal - yang mengaplikasikan imej ini secara real. "Dulu, malah ada penonton yang nyembah-nyembah gue pas gue lagi main di panggung. Sampe takut gue ngeliatnya!" lanjut Iwan lagi.

Makanya, lanjut Haryo lagi, penting bagi scene metal zaman sekarang untuk bangkit meluruskan pemahaman yang salah ini. "Dulu, kami semua itu posers (peniru band/budaya luar,RED), man!" kenang Haryo.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest