Follow Us

YouTube bersepakat dengan publisher musik Indie

Eddy Suhardy/Alvin Bahar - Jumat, 19 Agustus 2011 | 06:32
YouTube bersepakat dengan publisher musik Indie
Eddy Suhardy/Alvin Bahar

YouTube bersepakat dengan publisher musik Indie

Situs yang menyediakan fasilitas streaming video itu akhirnya menyudahi konflik selama 4 tahun-nya dengan asosiasi publisher musik independen

YouTube mengakhiri konfliknya yang sudah berlangsung selama 4 tahun itu dengan menandatangani surat persetujuan perdamaian bersama National Musik Publisher Association (Asosiasi Publisher Musik Nasional) atau disingkat NMPA yang mewakili lebih dari 3.000 publisher musik indie Amerika.

Persetujuan yang dimaksud disini adalah situs tersebut akan membayar royalti yang dihitung dari user yang sudah terdaftar di YouTube, berisikan karya-karya musik yang pernah dibuat oleh musisi-musisi yang mewakili pihak NMPA itu sendiri. Secara otomatis, pihak NMPA pun akan menarik tuntutan hukumnya kepada YouTube, karena pembayaran royalti dari musisi NMPA, dikutip dari LA Times.

Sebenarnya ini belum mencakup empat publisher musik besar lainnya seperti EMI Music Group, Universal Music Group, Warner Music Group dan Sony Music Entertainment. Masing-masing publisher memiliki kontrak lisensi yang terpisah dengan YouTube.

Jelasnya, persetujuan tadi juga sudah mencakup lagu-lagu yang berlisensi, dari sini pihak NMPA dan YouTube bisa berbagi penghasilan atau keuntungan dari user yang memposting musik karya musisi di situs tersebut.

Pihak label yang diwakili dari NMPA dan belum menjadi bagian dari perjanjian tersebut, diberi tenggang waktu hingga pertengahan bulan depan untuk mempertimbangkan kesepakatan yang sudah ada.

Editor : Eddy Suhardy/Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest