Follow Us

Batik Tribe: Nusantara Hip Hop Style

Sekar Seruni (old) - Jumat, 18 November 2011 | 13:37
Batik Tribe Nusantara Hip Hop Style
Sekar Seruni (old)

Batik Tribe Nusantara Hip Hop Style

Itulah yang membuat Della MC, Cool B, Wizzow dan DJ S-Tea selalu mengenakan batik tiap mereka tampil. Simak obrolan HAI dengan Wizzow.

Wah, kalau lihat gaya kalian, kayakanya nggak main-main nih soal konsep batik yang diusung dalam musik Batik Tribe?"Sebagai hip hop Indonesia, kami ingin mengidentifikasi kultur dari negeri sendiri. Salah satunya adalah batik. Satu lagi nih, kami juga bangga nge-rap pakai bahasa Indonesia."

Selain "seragam" batik yang melekat tiap kalian manggung, katanya kalian juga punya merk pakaian sendiri ya?"Bener banget! Dari tahun 2008, anak-anak Batik Tribe sudah pakai Batik Gear. Tapi brand Batik Gear ini baru diluncurkan tahun 2009 bertepatan dengan hari batik. Nggak cuma itu, ada juga wayang golek yang dipajang di depan stage. Di booth DJ, juga ada tulisan Batik Tribe dengan kain bercorak batik."

Ckckckcc... nggak diragukan, Indonesia banget ya! Fashion batik yang kalian usung, sebenarnya batik yang seperti apa? Ada model khusus nggak?"Kalau yang selama ini sih biasanya pakai hoodie, sweater sama kemeja. Tapi kalau ke hip hop itu lebih sering pakai hoodie jumper. Ohya, tahun 2010 lalu, Batik Gear juga sempat men-support Akil 'Jurassic 5'."

By the way, ide kemeja batik maupun hoodie batik yang sering kalian pakai ini sebenarnya datang dari mana sih?"Batik Tribe memang bukan yang pertama. Sebelumnya, ada juga Jogja Hiphop Foundation, G-Tribe, Jahanam dan Kontra yang memasukkan unsur batik dan tradisional Jawa dalam musiknya. Ohya satu lagi ada Rotra (Calludra) yang mengenakan batik dan blangkon."

Bukan cuma fashion yang tradisional, tapi musik yang kalian tawarkan ke pendengar juga Indonesia banget. Banyak ya alat musik tradisional yang kalian pakai?"Coba deh dengerin hits Indo (Yo.. Ey..) , Shake dan ada dua lagu un-released (cek di Hai-Online- RED). Pasti banyak menemukan bunyi alat musik tradisional, seperti gamelan, pa'suling (alat musik dari Toraja), angklung, seruling yang dipadukan dengan hip hop beat. Untuk recording gamelan dan serulingnya ini, biasanya sih di Studio Lokananta, Solo."

Kalau soal lagu?"Beberapa lagunya memang diadaptasi dari hip hop barat, kayak Talib Kweli, KRS One, Rakim. Sama satu lagi, grup asal Los Angeles namanya Jurassic 5 yang memang banyak menonjolkan rap dan puisi. Biar begitu, yang pasti sih kami tetap eksplore musik-musik, nggak cuma luar dan Jawa, tapi juga dari pulau-pulau lain di Indonesia."

Oke! Ada batik, ada musik tradisional. Jadi, apa nih yang mau ditonjolkan dari Batik Tribe?"Pesannya! Dalam hip hop, pesan itu penting, karena bisa mengilhami orang. . Kalau yang orang tahu, rap itu kan identik sama seks dan kekerasan. Tapi jarang didapat lagu hip hop yang menjurus ke kritik yang membangun."

Editor : Sekar Seruni (old)

PROMOTED CONTENT

Latest