Follow Us

Run DMC, Penanda Golden Age of Hip Hop

Rian Sidik (old) - Jumat, 18 November 2011 | 14:07
Run DMC Penanda Golden Age of Hip Hop
Rian Sidik (old)

Run DMC Penanda Golden Age of Hip Hop

Hip-hop bukan lagi urusan kebebasan berekspresi, pergerakan sub-kultur hip-hop telah menjelma menjadi sesuatu yang menjanjikan. Musik hip-hop kini adalah bisnis, di mana para label rekaman adalah sosok terpercaya buat artis hip-hop untuk bisa lebih dikenal di mana-mana.

"Kala itu, hip-hop menjadi sebuah bisnis. Para label rekaman menjaring artis hip-hop dan mempromosikannya lewat radio dan televisi. Sayangnya, artis hip-hop itu ternyata nggak tau apa yang mereka dapat, berapa jumlah uang hasil jualan lagunya, yang mereka tau adalah mereka menjadi terkenal dan tau betul harga dari sebuah mobil Mercedez," jelas Dr. Dre.

Ini adalah era keemasan dari sub kultur hip-hop. Banyak diantara grup hip-hop yang mencoba menaikkan level mereka dengan serius membuat sampling. Menariknya, di masa ini justru sampling begitu berharga, karena itu menjadi 'barang bukti' bagi mereka yang siap untuk naik ke level yang lebih tinggi, yaitu bersentuhan langsung dengan yang namanya label rekaman.

At this golden age of hip-hop, musik industri mulai menggencarkan royalti untuk meraup keuntungan dari musik yang sedang hype saat itu. Sampling adalah bagian penting dari 'pabrik' hip-hop selama dekade ini berlangsung. Dan, satu per satu, artist pun siap terbang melesat menuju masa depan bergelimangan materi dan keuntungan.

Puncak kejayaannya adalah kolaborasi fenomenal yang dilakukan grup rap asal Queens, New York, Run DMC. Joseph "Run" Simmons, Darryl "D.M.C" McDaniels, dan Jason "Jam-Master Jay" Mizell bersama Steven Tyler dan Joe Perry dari Aerosmith bersatu membalut alunan rap ke dalam kerasnya rock Amrik 80-an.

Walaupun Run DMC telah sukses di dua album sebelumnya, namun hits Walk This Way di album Raising Hell (1986) merupakan karya paling berdampak besar terhadap pergerakan hip-hop dunia. Hal yang belum pernah dilakukan, mencampurkan unsur rap bersama rock adalah sebuah investasi besar!

Hits ini adalah lagu rap pertama yang sukses mencapai top 5 Billboard Hot 100 di masanya. Belum lagi dengan hits-hits lainnya seperti My Adidas yang sukses mengantarkan mereka lewat tanda tangan kontrak endorsement bersama adidas apparel senilai 1,6 juta dollar US. Sejak itulah, gaya berpakaian ala Run DMC, lengkap dengan tracksuit adidas serta sneakers menjadi pakem bergaya di masa keemasan tersebut, bahkan hingga sekarang. Yeap, this what golden age of hip hop is all about!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest