Follow Us

JAPAN HIP HOP: STREET ART DAN STREET DANCE

Rian Sidik (old) - Jumat, 18 November 2011 | 14:45
JAPAN HIP HOP STREET ART DAN STREET DANCE
Rian Sidik (old)

JAPAN HIP HOP STREET ART DAN STREET DANCE

Seperti sejarah kebanyakan, hip-hop di Jepang lahir dari interaksi individu dan bukan dimulai melalui pemahaman budaya. Di Jepang, motivasi yang mewakili individualitas saat itu adalah breakdance. Pergerakannya dimulai oleh Hiroshi Fujiwara yang membawa influence old school hip-hop.

Cowok kelahiran Ise, Mie Japang 1964 ini membuka jalan masuknya hip-hop lewat film. Percikan penting tersebut dimulai pada tahun 1983 ketika kota Tokyo dimasukan film berjudul Wild Style. Breakdance dan graffiti jadi pemula penggambaran visual lahirnya hip-hop di Jepang, sebelum istilah rap dan DJ-ing ditemukan. Banyak graffiti bertuliskan Wild Style di tembok-tembok jalan.

Popularitas film Wild Style itu membawa seniman Amerika yang terlibat didalamnya melakukan perjalanan ke Jepang. Mereka melakukan promosi film lewat toko-toko pakaian dan musik. Hiroshi Fujiwara berperan sebagai distributor filmnya. Dia pula yang membuka jalur peredaran film Wild Style.

Dan respon baik langsung disambut oleh seniman jalanan. Setiap Minggu mereka berkumpul di Yoyogi Park, Tokyo untuk belajar breakdance. Setelah kumpul-kumpul, akhirnya pada bulan Agustus tahun 1984 lahir lah Crazy-A. Kelompok ini pula yang berhasil membuat B-boy park. Tempat nongkrong pertama khusus breaker.

Lantas, bagaimana kelanjutan masuknya hip hop ke Jepang? Simak aja lanjutan ceritanya di edisi khusus fashion dan musik hip hop.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest