Follow Us

Timnas Futsal Indonesia: Patut Diberi Salut

Raditya Ayu Kristiadi - Senin, 05 April 2010 | 10:53
Timnas Futsal Indonesia Patut diberi salut
Raditya Ayu Kristiadi

Timnas Futsal Indonesia Patut diberi salut

Indonesia emang sedang terjangkit demam olahraga futsal. Dalam beberapa tahun terakhir ini lapangan futsal pun menjamur di pelosok kota. Bagusnya, fenomena ini diiringi dengan perkembangan prestasi dari Timnas Futsal kita, jack! Pelan-pelan Timnas Futsal mulai mencuat namanya kancah Asia.

Timnas Futsal di Indonesia didirikan pada tahun 2002 dibawah naungan PSSI. Di tahun pertamanya saja, Indonesia langsung didaulat menjadi tuan rumah AFC Futsal Championship alias kejuaraan futsal tingkat Asia. Setelah itu Indonesia nggak pernah absen dari kejuaraan tersebut hingga tahun ini.

Baru pada tahun 2006, PSSI meresmikan Badan Futsal Nasional (BFN), organisasi yang difokuskan untuk menangani Timnas Futsal. Ternyata terbentuknya BFN menyulut Timnas untuk semakin berprestasi.

Timnas Indonesia udah jadi salah satu lawan yang ditakuti se-ASEAN sob!. Walau masih belum mencatat hasil yang bagus di Piala Asia, Indonesia udah cukup sering lolos ke babak 4 besar di AFF (Piala Asia Tengggara). "Kalau di AFF kita udah cukup bagus lah prestasinya, tahun 2007 kita sukses jadi juara dua, dan terakhir tahun 2009 kemarin kita berada di Juara tiga," beber Robbi sang pelatih baru.

Gonta-ganti kepengurusan memang terjadi di kubu Timnas, baru akhir 2009 kemarin terpilihlah Robbi Hartono sebagai pelatih menggantikan Justin Lhaksana.Bersamaan dengan dilantiknya Robbi, artis ganteng Darius Sinathrya pun didaulat sebagai manajer tim. Itulah sebabnya tempat latihan Timnas berpindah tempat ke Semanggi Expo, tempat futsal milik Darius.

Di kepengurusan baru ini ternyata Timnas berhasil menuai prestasi yang cukup gemilang. Indonesia berhasil lolos ke Piala Asia 2010. Prestasi Timnas Futsal ini menjadi penyegar ditengah-tengah situasi Timnas sepakbola yang tengah carut-marut.

Target Timnas

Saat ini Timnas Indonesia berada diurutan sebelas se-Asia, sementara untuk tingkat ASEAN nama Indonesia termasuk tim papan atas walau masih dibawah Thailand.

Melalui Piala Asia mendatang Indonesia menargetkan untuk bisa jebol minimal sampe delapan besar, begitulah yang diucapkan Darius. Jika target tersebut tercapai Darius menyiapkan hadiah yang besar untuk para pemain "Pokoknya kalau target kita tercapai kita akan jalan-jalan ke Bali selama lima hari," Ujar Darius kepada para pemain, semangat.

Saluuut!!!

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest