Follow Us

Busway Jadi Pilihan Utama

Sekar Seruni (old) - Minggu, 20 Juni 2010 | 08:13
Busway Jadi Pilihan Utama
Sekar Seruni (old)

Busway Jadi Pilihan Utama

Kini Rea Vaya, busway di Afsel, sudah mulai beroperasi meski masih terbatas dalam beberapa jalur saja. Namun dilihat dari kelancaran jalur, moda transportasi umum ini sudah menjadi pilihan utama. Hal tersebut terutama terjadi pada lajur Johanneburg-Soweto. Beberapa kali Tribun menjumpai Rea Vaya dengan penumpang yang jauh lebih manusiawi ketimbang busway di jakarta. Tak ada desak-desakan, dan laju bus pun tergolong stabil, sekitar 50-60 kilometer per jam.

Soal lajur khusus Rea Vaya, polisi dari Gauteng Police Department bertindak tegas terhadap siapapun yang masuk ke jalur bus tersebut. Walhasil, sepanjang lajut Soweto-Johannesburg, Rea Vaya melaju lancar tanpa hambatan, sampai ke tengah kota sekalipun. Menurut beberapa warga, setelah beroperasinya Rea Vaya, kini kuantitas mobil di jalan menjadi berkurang cukup signifikan.

"Tak ada lagi kemacetan saat masuk ataupun pulang jam kerja. Busnya pun relatih enak dan nyaman," ucap Mianggi Znaya, pengguna Rea Vaya yang ditemui Tribun di monumen Hector Pieterson. Selain mengurangi kepadatan mobil, Rea Vaya sendiri bertujuan meminimalisir tingkat kejahatan yang biasanya dilakukan sopir taksi, karena memang jalur Johannesburg-Soweto tergolong rawan.

Foto: Getty Images/ AFP

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest