Follow Us

Wawancara Petr Cech

Sekar Seruni (old) - Senin, 28 Juni 2010 | 06:42
Wawancara Petr Cech
Sekar Seruni (old)

Wawancara Petr Cech

Simak nih kunci dan bocoran-bocoran dari Petr Cech:

Q: Penilaian Anda terhadap kiper-kiper yang berlaga di piala dunia 2010?A: Mereka mengerjakan tugas mereka dengan baik. Tentu saja Anda tak bisa menentukan apakah dia buruk atau jelek. Kiper adalah simpul terakhir dari sistem pertahanan, jadi tidak bisa disalahkan begitu saja jika sebuah tim kebobolan banyak gol.

Q: Banyak kiper mengeluhkan Jabulani yang begitu liar dan justru makin cepat, pendapat Anda?A: Saya belum tahu persis bagaimana menghadapi Jabulani di lapangan, terutama di Afsel ini. Sepanjang musim lalu, saya hanya merasakan bola yang sepertinya terlihat berbeda dengan Jabulani. Namun berdasar pengalaman, bermain di level daerah dataran tinggi, bola akan melaju lebih kencang. Mungkin itulah yang membuat kiper-kiper yang sebagian besar bermain di Eropa merasakah kesulitan luar biasa.

Q: Kuncinya?A: Latihan dan selalu latihan. Juga harus ada tim analisis sendiri yang bisa memberikan data statistik. Karena Jabulani diciptakan dengan teknologi tinggi, tentu ada beberapa hal yang harus dicermati.

Q: Fase knock out akan dimulai. Dan sudah tentu kemungkinan untuk adu tendangan penalti cukup besar. Menurut Anda, apa persiapan terbaik dari kiper untuk menghadapi itu?A: Sebenarnya simpel. Pertama jelas latihan terus menerus, kedua menganalisa calon lawan, karena biasanya seorang spesialis penendang penalti memiliki tujuan tersendiri yang setiap hari ia latih. Sangat kecil kemungkinan untuk berubah, kecuali sang pemain memiliki kemampuan lebih. Ketiga, saat berhadapan dengan pemain lawan, baca bahasa tubuh dan lirikan mata. Di sinilah insting seorang kiper bermain, dan insting akan keluar jika kiper itu sudah memiliki pengalaman.

Foto: Getty Images/ Jim Rogash

Editor : Sekar Seruni (old)

PROMOTED CONTENT

Latest