Follow Us

Sisihkan Portugal, Spanyol Ke Final Piala Eropa 2012

Rian Sidik (old) - Rabu, 27 Juni 2012 | 21:51
Sisihkan Portugal Spanyol Ke Final Piala Eropa 2012
Rian Sidik (old)

Sisihkan Portugal Spanyol Ke Final Piala Eropa 2012

Kembali adu penalti menjadi penentu lolosnya sebuah tim dalam Piala Eropa kali ini. Setelah Inggris merasakannya pada babak perempat final lalu, kini giliran Portugal yang harus angkat koper dari gelaran Euro 2012 melalui babak yang sama. Pasukan Paolo Bento gagal mengatasi mental dalam babak adu penalti setelah kalah dari Spanyol 2-4 pada pertandingan semifinal Piala Eropa yang berlangsung di Donbass Arena, Kamis (28/6). Joao Moutinho dan Bruno Alves menjadi dua algojo Portugal yang gagal. Sementara itu dari kubu Spanyol hanya Xabi Alonso yang gagal.

Saling menekan di awal pertandingan, Portugal justru yang mendapatkan peluang paling banyak di babak pertama. Beberapa peluang berhasil diciptakan oleh Ronaldo cs. Salah satu yang terbaik terjadi di menit ke-31 saat sontekan keras Ronaldo masih menyamping di sisi kiri gawang Iker Casillas. Spanyol pun bukan tanpa peluang. Tendangan Andreas Iniesta di menit ke-29 juga masih belum menemui sasaran. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, baik Portugal maupun Spanyol sama-sama ngotot untuk memenangkan pertandingan. Beberapa keras pelanggaran terjadi namun peluang terus diciptakan. Peluang terbaik Spanyol di babak kedua dimiliki oleh Xavi Hernandez di menit ke-68 yang masih bisa diselamatkan Rui Patricio. Sedangkan untuk Portugal, tiga tendangan dari Hugo Almedia juga meleset jauh dari sasaran. Hingga akhir pertandingan skor masih belum berubah.

Setelah menjalani dua kali 15 menit babak tambahan, Spanyol dan Portugal harus menyelesaikan pertandingan ini melalui adu penalti. Dua algojo Portugal, Pepe dan Nani berhasil menaklukan Iker Casillas. Sayang dua algojo lainnya, Joao Moutinho dan Bruno Alves tidak mampu menyelesaikan tugasnya. Sedangkan dari kubu Spanyol, Andreas Iniesta, Gerard Pique, Sergio Ramos dan Cesc Fabregas sukses menaklukan Rui Patricio. Sedangkan Xabi Alonso tidak.

Spanyol pun lolos ke final dan akan menunggu pemenang dari partai semifinal lainnya, Jerman dan Italia yang berlangsung hari ini. Ini adalah final ketiga Spanyol dalam tiga turnamen besar mereka.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest