Follow Us

Remaja dan Pubertas

Rian Sidik (old) - Jumat, 23 Desember 2011 | 11:03
Remaja dan Pubertas
Rian Sidik (old)

Remaja dan Pubertas

1. Apa sih Pubertas itu?

Masa ketika seorang remaja mengalami perubahan, baik fisik, psikis dan pematangan fungsi dan organ seksual. Masa pubertas, biasanya dimulai saat kita berumur delapan hingga sepuluh tahun dan berakhir di usia 16 tahun. Kalau pubertas pada cowok, ditandai dengan mimpi basah, kalau cewek ditandai dengan menstruasi pertama.

2. Ciri-ciri kita ngalamin Pubertas itu apa saja?

Kalau pada cowok, biasanya ditandai dengan suara mulai berubah, tumbuhnya bulu-bulu halus di daerah tertentu kayak ketiak, pubis, dada dan lain-lain, tumbuhnya jakun dan lain-lain. Cowok, biasanya mengalami masa pubertas sedikit lebih lambat dibanding cewek, yaitu di usia 11 tahun ke atas.

3. Penyebab munculnya Pubertas itu kira-kira apa sih?

Hormon! Adalah penyebab utama munculnya pubertas, hormon yang dipengaruhi oleh hipofisis (pusat dari seluruh sistem kelenjar penghasil hormon tubuh), Berkat kerja hormon ini, remaja memasuki masa pubertas sehingga mulai munculciri-ciri kelamin sekunderyang dapat membedakan antara perempuan dan laki-laki. Dengan kata lain, pubertas terjadi karena tubuh mulai memproduksi hormon-hormon seks sehinggaalat reproduksitelah berfungsi dan tubuh mengalami perubahan.Kalau untuk cewek dipengaruhi hormon seks yang bernama Esterogen dan Progesteron. Nah, kalau cowok, dipengaruhi oleh hormon testosteron.

Editor : Hai





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular