Follow Us

Jos Cleber, Orang Belanda Pembuat Aransemen Indonesia Raya

Alvin Bahar - Selasa, 18 Agustus 2015 | 08:30
Jos Cleber
Alvin Bahar

Jos Cleber

Indonesia Raya memang diciptakan Wage Rudolf Supratman. Tapi tau nggak siapa pengaransemennya? Bukan orang Indonesia lho. Adalah Jos Cleber, orang Belanda pembuat aransemen Indonesia raya!

Jozef Cleber atau juga sering hanya ditulis Jos Cleber lahir di Maastricht, 2 Juni 1916 dan meninggal di Hilversum, Belanda, 21 Mei 1999 pada umur 82 tahun. Jos adalah konduktor berkebangsaan Belanda yang datang tahun 1949 di Indonesia atas kerjasama Pemerintah Belanda dan Indonesia dalam rangka mengembangkan musik di Indonesia.

Jos mempunyai bakat musik yang luar biasa. Ia belajar musik dari ayahnya. Jos muda memang suka banget sama yang namanya musik. Setelah menyelesaikan Sekolah Menengah Pertama, ia memilih untuk masuk Sekolah Musik Atas (muzieklyceum), dan melanjutkan belajar biola dan piano pada konservatorium di kota Luik (Belgia).

Baca Juga: Foto-foto: Merdeka Bersama JKT48 di Refrain Penuh Harapan Handshake Festival

Pada usia 15 tahun (1931) ia sudah bermain pada Maastrichtsch Stedelijk Orkest (orkes kota) sebagai pemain biola alto. Kemudian ia bermain pada orkes Paul Godwin, dan kemudian pada waktu dinas militer tahun 1939 main di Tonhalle Orchester Zürich.

Ia juga belajar musik jazz, fans Duke Elington, disarankan belajar saxophone dan klarinet oleh para gurunya, namun trombone adalah alat musik pilihannya. Katanya sih, mouthpiece trombone sesuai dengan bibirnya tuh.

Setelah Perang Dunia II selesai, ia kembali ke Belanda dan bekerja sebagai pemain trombone dan biola di 'Tuschinski-Theater' di bawah pimpinan musikus Max Tak, kemudian atas bantuan musikus ini ia berhasil jadi trombonis pada Orkes Pop AVRO (AVRO = Algemeene Vereeniging Radio Omroep / Radio Penyiaran Negeri Belanda) pimpinan Elzard Kuhlman. Kemudian tahun 1942 ia bekerja sebagai trombonis pada Concertgebouw-Orkest (sebuah orkes besar di Gedung Konser Amsterdam yang terkenal hingga kini). Selain itu ia juga belajar dirigen, ilmu harmoni dan kontrapun dari komponis Kees van Baaren di Amsterdam.

Baca Juga: 17 Cara Kita Merayakan Hari Kemerdekaan RI

Di Belanda, ia juga bertemu dengan Theo Uden Masman, seorang pimpinan orkes dansa di Hilversum. Nah, nggak lama kemudian ia bergabung di Orkes Metropolitan pimpinan Dolf van Linden sebagai pemain trombone dan arranger antara 1945-1948. Jos juga bergabung pada band Selecta dan Decca Swing Combo.

Nah, selanjutnya si Jos "go international" nih!

source: historici.nl, kompas, wikipedia

Editor : Alvin Bahar

PROMOTED CONTENT

Latest