Follow Us

Sukses di Oscar, Film Argo Dituntut Oleh Iran

Ega Hai - Rabu, 13 Maret 2013 | 07:42
Sukses di Oscar Film Argo Dituntut Oleh Iran
Ega Hai

Sukses di Oscar Film Argo Dituntut Oleh Iran

Film Argo berhasil menyabet piala Oscar sebagai film terbaik. Namun tampaknya, nasib baik nggak selalu berpihak ke Argo. Film yang disutradarai dan dibintangi oleh Ben Affleck ini berencana digugat pemerintah Iran atas tuduhan menggambarkan cerita yang tidak realistis tentang negara Iran.

"Kami akan memblokir distributor film, memaksa mereka untuk meminta maaf dan menantang mereka untuk mengakui bahwa film ini hanyalah sebuah kebohongan belaka," tutur pengacara dari pihak Iran, Isabelle Coutant-Peyre, dilansir Digitalspy, Rabu (13/3/2013).

Film Argo ini telah dilarang tayang di bioskop Iran, namun dilaporkan masih bisa ditonton melalui DVD bajakan. Sebelumnya, sejumlah pejabat Iran dan kritikus film sudah menonton Argo pada screening tertutup di Teheran, Senin, 11 Maret 2013 lalu. Setelah pemutaran film tersebut muncul pernyataan bahwa penghargaan Oscar yang diterima oleh Argo adalah serangan propoganda.

"(memberikan pengharggan kepada) sebuah film anti-Iran adalah serangan propaganda terhadap bangsa kita dan seluruh umat manusia," ujar sumber.

Film Argo bercerita tentang agen CIA Tony Mendez dan duta besar Kanada Ken Taylor membantu enam diplomat AS untuk melarikan diri Iran menyusul krisis penyanderaan, dengan menggunakan trik bahwa mereka bekerja pada sebuah film Hollywood.

Editor : Ega Hai

PROMOTED CONTENT

Latest