Follow Us

4 Tips Oke Main Synth dari Eponk Thirteen

Adhie Sathya - Senin, 17 Februari 2014 | 07:46
4 Tips Oke Main Synth dari Eponk Thirteen
Adhie Sathya

4 Tips Oke Main Synth dari Eponk Thirteen

Buat yang lagi doyan otak-atik synthesizernya, bisa banget nih baca-baca tips dari Epon Thirteen yang berbagi empat tips buat kamu.

Nah, sekedar flashback dikit nih, penggunaan synthesizer kan lagi kembali naik daun, apalagi sejak adanya Chvrches dan naiknya industri musik electronic dance music (EDM), pasti perlu banget kamu para pengguna synth belajar-belajar dikit.

Pada dasarnya semua alat musik itu sama, menurutnya hal dasar yang harus diketahui buat kamu yang lagi mau belajar main synth ya harus tahu tangga nada. By the way langsung aja deh simak tips dari Eponk :

1. Harus Tahu Posisi Nada di Instrumen

Ini hal paling mendasar yang harus dikuasai semua pemain musik, termasuk yang pegang instrumen synthesizer. Patokan dasarnya sederhana kok untuk synth ini, yaitu harus tahu posisi nada di synth (tuts keyboard). Nggak beda jauh sama piano kok.

2. Otak-atik Sekreatif Mungkin

Kadang ini buat yang baru belajar main instrumen, suka diberi batasan dengan pelajari dulu bagian-bagian tertentu di tahap awal, baru ke tahap berikutnya. Tapi kalau kata Eponk, belajar itu nggak ada batasan. Khususnya buat pemain synth, yang harus otak-atik sound sekreatif mungkin!

3. Coba Belajar dari Youtube

Youtube jadi salah satu referensi yang efektif. Secara gitu, banyak banget orang berbagi ilmu main instrumen di social media ini. Eponk pun memang menyarankan buat para pemula rajin cari referensi di Youtube, karena pastinya banyak banget orang yang coba bereksperimental atau referensi dari musisi-musisi yang lagu atau video klipnya disharing di Youtube ini.

4. Midi Controller Buat Pemula

Ada cara mudah buat bisa mulai memainkan synth buat para pemula, yaitu pakai midi controller dulu untuk awalnya. Kemudian, download instrumen virtual, Virtual Studio Technology (VST) atau instrumen virtual lainnya. Banyak banget kok. Setelah coba-coba, lama-lama ketemu juga kok selera soundnya.

Editor : Adhie Sathya

PROMOTED CONTENT

Latest