Follow Us

Misteri di Balik “Ketindihan”

- Rabu, 12 Agustus 2015 | 09:00
Ketindihan ketika tidur
Hai Online

Ketindihan ketika tidur

Mitos ketindihan ternyata masih terus menghantui pikiran kita sampai sekarang. Menurut mitos, ketindihan berarti ditindih oleh makhluk halus. Alhasil, denger kata “ketindihan” pun jadi hal yang sangat menyeramkan.

Tapi jangan cepat percaya dulu. Itu, kan, cuma mitos. “Secara medis, ketindihan itu diagnosisnya sleep paralysis. Nggak ada hubungannya sama hal gaib,” tegas dokter Aryo Pradito. Nah, aman, kan! Jadi, nggak perlu takut lagi.

Sleep paralysis adalah sensasi di mana kita merasa sadar, tapi tidak bisa menggerakkan anggota tubuh,” tambah pria yang biasa disapa dokter Dito ini.

Dokter Dito melihat gangguan tidur ini sebagai hal yang umum dan wajar. Nah, biasanya gangguan tidur ini memang terjadi pada masa remaja yang berusia sekitar 14-17 tahun.

Sleep paralysis memang bisa sangat mengganggu jika terjadi terlalu sering. Apalagi gangguan ini nggak bisa dibilang murni karena faktor fisik. Ternyata juga didukung oleh faktor psikologis.

“Konsultasi dengan dokter psychiatri dapat membantu masalah ini. Kalau memang mengganggu sekali ya minum obat tidur atau obat penenang,” pesan dokter Dito.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Hot Topic

Tag Popular