Follow Us

Meski Terserang Dehidrasi, Belanda Sukses Buat Indonesia Hilang Konsentrasi

Rian Sidik (old) - Jumat, 07 Juni 2013 | 16:05
Meski Terserang Dehidrasi Belanda Sukses Buat Indonesia Hilang Konsentrasi
Rian Sidik (old)

Meski Terserang Dehidrasi Belanda Sukses Buat Indonesia Hilang Konsentrasi

Kekalahan telak 0-3 atas Timnas Belanda kembai menjadi tolak ukur seberapa berkualitas fisik dan permainan Timnas Indonesia. Dua gol dari Siem De Jong dan satu gol cantik Arjen Robben harus dijadikan pembelajaran bagaimana bermain kolektif namun efektif.

Jika menilik dari segala faktor, sebenarnya pasukan Jacksen F Tiago memiliki sebuah keuntungan. Yaitu cuaca panas yang menghantui kondisi fisik Timnas Belanda.

Sejak awal, Louis Van Gaal sudah mengkhawatirkan dehidrasi akan menjadi penghalang pasukannya. Bahkan, hal tersebut terbukti dengan adanya dua kali time-out atau rehat sejenak di babak pertama dan babak kedua.

Para penggawa De Oranje yang terbiasa bermain di bawah cuaca dingin diserang dehidrasi dan kelelahan berkali-kali. Hal tersebut menjadi alasan Van Gaal enggan memaksakan Robin Van Persie bermain penuh.

Sayang, Andik Vermansyah gagal memanfaatkan faktor kunci tersebut. Malah, tiga gol yang terjadi memperlihatkan dengan jelas kelemahan fisik Indonesia yang menyebabkan hilangnya konsentrasi.

Editor : Rian Sidik (old)

Latest