Follow Us

Pepeng NAIF Punya Batman Versi Indonesia

Ega Hai - Rabu, 21 Mei 2014 | 09:48
Pepeng NAIF Punya Batman Versi Indonesia
Ega Hai

Pepeng NAIF Punya Batman Versi Indonesia

Franki Indrasmoro atau kita lebih mengenalnya dengan Pepeng, drummer NAIF, ternyata selain berkarya di musik, ia punya selera berkarya di dunia komik. Menciptakan tokoh baru dalam sejarah komik Indonesia, Pepeng ternyata cukup akrab dengan dunia ini.

"Udah berteman lama dengan teman-teman yang suka komik. Tapi gue ada pertanyaan waktu menggauli komik, 'kemana Komik Indonesia?' Dari situ, akhirnya gue tahu kalau mereka ada, cuma nggak banyak muncul ke permukaan. Seiring dengan banyaknya sosial media, gue pun akhirnya mau juga membangkitkan komik ini," ujarnya di acara launching komik seri pertama dari "Setan Jalanan", Rabu (21/5) di Tokove, Kemang Jakarta.

Pepeng mengatakan pilihan menerbitkan buku komik itu berbarengan dengan semangatnya untuk membangkitkan musik indie lagi. Karenanya penerbitan komik "Setan Jalanan" ini pun diterbitkannya secara Indie.

"Sementara di musik, ada masa di mana musik indie naik, dan itu keren. Untuk komik, gue juga pengen komik yang diproduksi indie dibilang keren nantinya," ujarnya lagi.

Kesadaran menerbitkan komik di tengah lesunya era komik dan industri musik indie ini pun diaminkan Beng Rahadian dari penerbit Cendana Art Media. Meski melihat kelesuan komik dan musik, ia percaya komik yang disebut-sebut sebagai Batman Indonesia ini mengisi bacaan komik di tengah kekosongan pasar komik kita.

"Komik akan memiliki kendala terutama di akses mau membeli. Tapi kayak Pepeng yang dia juga public figur tapi kenal sama komik dia punya karakter unik di komik Setan Jalanan ini, saya yakin meski bakal 'berantem' di toko buku, pembacanya tetap ada," ujarnya.

Berbarengan dengan rilisnya komik dan musik indie, soundtrack "Setan Jalanan" pun rilis berbarengan dengan komik yng rencananya dibuat dalam 3 episode. "Ini dibarengkan dengan rilisnya soundtrack komik dari Raksasa Band. Kita peneb, gegarnya komik dan musik bisa jalan berbarengan," kata Beng lagi.

Selain Pepeng, sebenarnya pernah ada beberapa musisi yang sempat membuat komik juga, sebut saja SID, Thirteen, dan project pop yang diantara mereka sempat merilis CD dan komik secara bersamaan.

Apakah jagoan malam hari ini akan sukses? Cek perjalanan "Setan Jalanan" di toko buku Indonesia. Cuplikan komiknya akan ada di majalah HAI.

Editor : Ega Hai

Latest