Follow Us

15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh PART I

Rian Sidik (old) - Jumat, 01 Agustus 2014 | 13:47
15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh PART I
Rian Sidik (old)

15 Band Rock Indonesia Paling Berpengaruh PART I

Musik rock Indonesia memang sejarahnya panjang. Wajar aja, sih, soalnya banyak banget para musisi hingga band-band yang punya andil besar dan akhirnya membuat kita bisa menikmati musik rock sampai detik ini. Nah, mengetahui perjalanan panjang musik rock Indonesia, penting juga, lho, buat ilmu pengetahuan.

Yoi, setuju, dong, kalau ilmu nggak cuma bisa kita dapetin di sekolah aja? Saat sekedar nongkrong bareng teman-teman juga bisa jadi ladang ilmu, tuh, simplenya dengan saling sharing cerita.

Buat yang lagi hobi-hobinya ngeband, dan ngulik musik cadas, nggak ada salahnya juga buat baca artikel tentang band-band rock Indonesia yang berpengaruh ini.

Memang, sih, mungkin artikel nggak bisa selengkap dan membahas secara detail, tapi, HAI mencoba untuk merangkum perjalanan musik rock Indonesia, lewat band-band rock yang besar di eranya dan tentunya dalam genre yang mereka usung masing-masing. Yap, karena musik rock bisa diibaratkan seperti padang rumput yang luas dan di dalamnya ada berbagai macam jenis.

Kalau ada kekurangan atau kelihatan kurang sempurna, ya, mohon maklum, toh, Sempurna itu milik Andra and The Backbone, kan? Hehehe....

Yowes, langsung aja deh sikat daftar 15 band rock Indonesia paling berpengaruh versi HAI yang dirangkum dari berbagai sumber. Enjoy!

Sejujurnya, akan sangat amat banyak jika kontribusi band ini untuk industri musik rock Indonesia ini harus dituliskan. Bahkan, mungkin mereka sudah selayaknya disejajarkan dengan para legenda musik dunia lainnya.Pengorbanan mereka nggak main-main, mereka pernah masuk penjara karena dinaggap menyebarkan musik barat, yang di era Orde Lama sempat dilarang.

Band ini sendiri berawal sejak tahun 1969, lebih tepatnya lagi sebagai kelanjutan dari kelompok "Koes Bersaudara". Yap, dulunya Koes Plus diisi oleh lima bersaudara, namanya tentu saja masih Koes Bersaudara, yaitu John Koeswoyo (Bass Betot), Tonny Koeswoyo (Gitar), Yon Koeswoyo (Vokal, Rhythm Guitar), Yok Koeswoyo (Vokal,/Bas Gitar) dan Nomo Koeswoyo (Drum).

Koes Plus dan Koes Bersaudara pastinya tercatat sebagai pelopor musik populer di Indonesia. Sulit dibayangkan sejarah musik Indonesia tanpa kehadiran Koes Bersaudara dan Koes Plus.

Formasi terbaik Koes Plus mungkin ada ketika era Oom Tonny Koeswoyo, Oom Yon Koeswoyo, Oom Yok Koeswoyo dan Oom Murry, yang bertahan sejak tahun 1969 hingga 1987. Sampai saat ini Koes Plus memang masih bertahan, dengan personil asli yang menyisakan Oom Yon Koeswoyo saja.

Yap, tentu saja aura rock n roll yang kerep mereka bawakan pantas juga membuatnya tampil sebagai band rock paling berpengaruh di Indonesia.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest