Follow Us

Dikenal Sebagai Generasi Melek Teknologi, Ini Kebiasaan Unik Para Gen Z

Yussy Maulia - Rabu, 25 Januari 2023 | 11:46
Ilustrasi generasi Z.
Freepik

Ilustrasi generasi Z.

HAI-Online.com – Generasi Z atau Gen Z dikenal sebagai kelompok usia yang “melek” teknologi. Pasalnya, kelompok usia yang lahir pada rentang tahun 1997 sampai 2012 ini tumbuh di tengah era perkembangan teknologi yang masif.

Enggak heran, Gen Z lebih andal dalam penggunaan teknologi daripada generasi sebelumnya. Mereka juga mampu beradaptasi dengan berbagai perkembangan teknologi.

Uniknya, tumbuh di era teknologi membuat Gen Z punya karakter dan kebiasaan serta cara berpikir dan mengambil keputusan yang sedikit berbeda dengan generasi sebelumnya.

Dalam hal berbelanja, misalnya, riset McKinsey pada 2019 menemukan bahwa hampir 40 persen Gen Z di Amerika Serikat cenderung mempercayai rekomendasi dari para influencer di media sosial.

Baca Juga: Viral di TikTok Hari Ini, Apa Sih Pengertian dari ‘Millennial Pause’?

Di kehidupan sehari-hari, Gen Z juga punya berbagai kebiasaan yang membedakannya dari generasi sebelumnya. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa contohnya.

  1. Susah lepas dari smartphone
Salah satu kebiasaan yang banyak dilakukan Gen Z adalah enggak bisa lepas dari smartphone. Bagaimana enggak? Smartphone dibutuhkan untuk menunjang segala kegiatan, mulai dari mencari hiburan, memesan transportasi online, hingga berbelanja.

Bahkan, sudah menjadi rahasia umum jika Gen Z selalu membawa smartphone ke mana saja, termasuk kamar mandi.

  1. Sering gonta-ganti gadget
Perkembangan teknologi yang sangat cepat membuat berbagai merk gadget hadir dalam waktu bersamaan. Biasanya, gadget keluaran terbaru dilengkapi fitur yang lebih bagus dari model sebelumnya sehingga menjadi incaran banyak orang.

Baca Juga: 55 Persen Anak Muda Pertimbangkan Popularitas Partai Ketika Berpolitik | Yang Muda Yang Memilih

Tak heran, banyak Gen Z hobi ganti gadget dalam waktu singkat. Selain untuk mendapatkan gadget dengan kualitas yang lebih baik, kebiasaan ganti gadget dilakukan agar mereka tidak ketinggalan zaman.

  1. Hobi belanja onlinedan pergi ke tempat hits
Kebiasaan berbelanja online serta pergi ke tempat hits seolah sudah menjadi kebiasaan sebagian Gen Z.

Editor : Sheila Respati

Latest