Follow Us

Cara Menghilangkan Kecanduan Game Clash of Clans

iamalvin - Selasa, 05 Mei 2015 | 06:48
Cara Menghilangkan Kecanduan Game Clash of Clans
iamalvin

Cara Menghilangkan Kecanduan Game Clash of Clans

Siapa yang kecanduan game Clash of Clans?Bisa disembuhin kok! Fenomena game Clash of Clans (CoC)yang menjadi candu semua kalangan ternyata ikut mengundang keprihatinan banyak pihak, nggak terkecuali cendekiawan muda yang dikenal sebagai pakar otak, dr Taufik Pasiak.

Menurutnya, dr Taufik Pasiak menjelaskan bahwa keseringan bermain game dapat dipastikan akan memberi efek pada perilaku individu yang bersangkutan, yakni berupa perilaku adiksi atau ketergantungan terhadap permainan tersebut, maupun permainan sejenis lainnya.

"Efeknya adalah ketergantungan, seperti orang yang ketergantungan pada judi. Ketergantungan tersebut membuat otak akan memburu hal-hal dimaksud, sehingga mau tidak mau harus dipenuhi. Jika tidak, maka otak akan mengalami masalah," ujar pengajar pada Fakultas Kedokteran Unsrat Manado ini.

Ketergantungan terhadap permainan game CoC maupun sejenisnya, akan membuat individu dimaksud terisolasi dalam dunia virtual yang hanya terdiri dari dia dan robot yang ada di komputer.

"Untuk menyembuhkannya, tak bisa langsung tuntas. Tentu harus pelan-pelan menggantikannya dengan game yang lebih edukatif, atau menyiapkan alternatif kegiatan untuk mengganti waktu yang dihabiskan bermain game," ujarnya menyarankan.

Satu dari sejumlah cara untuk menyembuhkan kecanduan game online tersebut adalah lewat terapi. Namun sayangnya terapi khusus untuk mengobati ketergantungan game online itu belum ada di Indonesia.

Namun demikian, para pecandu game tersebut bisa menghilangkan kecanduannya dengan mengisi waktu dengan hobi lain yang lebih positif. Misalnya berolah raga, membaca buku, ataupun menulis.

Gimana, mau menghilangkan kecanduan game Clash of Clans?

Editor : Alvin Bahar

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest