Follow Us

Tips Merawat Rantai Motor

- Kamis, 09 April 2015 | 05:10
Tips Merawat Rantai Motor
Hai Online

Tips Merawat Rantai Motor

Guys, pada saat kondisi cuaca yang lagi nggak menentu seperti saat musim hujan ini, buat kita pengendara motor, rantai menjadi salah satu komponen motor yang mudah mengalami gangguan. Kondisinya bisa basah dan seketika kering akan membuat rantai menjadi kendur.

Di rantai pun pasti ada partikel-partikel kecil seperti kotoran yang menempel baik di rantai atau gir. Nah, jika dibiarkan, bunyi rantai akan berisik dan potensi putus cukup besar dan akan membahaya pengendarannya.

"Perawatan dan pengecekan rantai, sering diabaikan pemilik motor. Menurut mereka selama belum putus, berarti rantai masih baik-baik saja," kata Yanu Suprapto, kepala mekanik AHASS Pulo Gebang.

Berikut beberapa tips untuk merawat rantai motor dari Yanu Suprapto

Nah, untuk motor matic, yang nggak menggunakan rantai, v-belt harus juga harus segera diganti jika ada tanda-tanda motor bergetar saat dinyalakan atau dikendarai.

"Usia rantai dan v-belt tergantung dari intensitas pemakaian, umumnya sekitar 8-10 bulan," ujar Yanu.

Sebagai tambahan informasi, harga satu set rantai untuk jenis motor bebek antara Rp 150.000 - 200.000, rantai untuk motor sport berkisar Rp 250.000 - 1,4 juta, dan satu set v-belt motor matic Rp 200.000, termasuk ongkos pemasangan di bengkel resmi.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest