Follow Us

JOBS: Saya Ciptakan Apple Untuk Kalian!

Rian Sidik (old) - Selasa, 05 November 2013 | 05:46
JOBS Saya Ciptakan Apple Untuk Kalian
Rian Sidik (old)

JOBS Saya Ciptakan Apple Untuk Kalian

Siapa yang tidak kenal dengan nama besar dari Steve Jobs? Pendiri yang juga mantan CEO Apple ini memang sangat dikenal lewat terobosan inovasi di bidang produk teknologi yang lahir dari pemikirannya. Nggak heran, seusai meninggalnya Steve Jobs di tahun 2011, publik banyak merindukan sosoknya tersebut. Bahkan di dunia nyata, CEO Apple sekarang, Tim Cook belum bisa menyamainya sekalipun.

Rasa kangen dan kekaguman publik terhadap Steve Jobs itu juga yang akhirnya melahirkan film Jobs (2013) yang dibintangi oleh Ashton Kutcher. Berbeda dengan cerita film yang sebelumnya pernah ada yaitu The Pirates of Silicon Valley (1999), Film Jobs hanya mengangkat cerita tentang biopik Steve Jobs saja.

Awal cerita Jobs dibuka dengan pidato singkat Steve Jobs di atas panggung mengenalkan produk Ipod di hadapan dunia. Selanjutnya kita bakal dibawa kepada tahun 1974, dimana Jobs muda masih mengecap pendidikan kuliah, Jobs muda yang idealis dan antusias terhadap perkembangan teknologi di masa depan.

Jobs juga membeberkan bahwa sebelum Apple terbentuk, Jobs pernah terlebih dahulu bekerja pada perusahaan game Atari, dimana ia meminta bantuan Steve Wozniak dalam membuat proyek games yang ia ajukan.

Nah, dipertengahan hingga akhir film ini, lebih membahas dari konflik internal yang terjadi antara Jobs dengan para pemegang saham Apple. Terlebih lagi, gaya Jobs yang dinilai berlebihan dalam memperlakukan karyawan.

Dari segi cerita, film ini bisa jadi refrensi bagi yang ingin mengenal sosok Steve Jobs lebih dalam. Sayang, film ini menuai banyak kritik lantaran dianggap nggak sesuai dengan cerita aslinya. Salah satunya, Steve Wozniak yang mengatakan "Ada banyak hal yang kurang tepat dan terlewati. Saya tidak suka melihat banyak orang yang saya anggap tidak berperan besar dalam perjalanan karir Apple justru malah mendapat rasa hormat berlebih di film tersebut." ungkapnya.

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest