Gelontoran dana segar dari para sponsor sangat menentukan akan berjalan atau tidaknya acara yang sedang kita garap.
Makanya, perlakukan untuk para sponsor, harus spesial. Untuk mendapatkan sponsor yang loyal mendukung acara kita buat, salah satu faktor yang harus diperhatikan adalah proposal yang kita serahkan.
Apa sajakah itu? Langsung cek aja tiga artikel yang akan berurutan membahas tentang cara sakti "menggebet" sponsor berikut ini, nih
1. Think out of the box
Biasanya sponsor bakalan melirik proposal yang diberikan jika proposal yang kita berikan unik dibandingkan dengan yang lainnya. Misalnya, bisa saja proposal yang diberikan adalah berupa berbentuk pop-up ataupun print berwarna dengan desain yang menyesuaikan dengan tema kita konsep.
2. Persiapkan waktu yang matang
Untuk membuat proposal pun juga membutuhkan waktu yang cukup lumayan. Jadi ada baiknya setelah terbentuknya kepanitian dan tema, Panitia harus bergegas membentuk proposal minimal empat bulan sebelum acara digelar.
3.Saling Menguntungkan
Memorandum of Understanding atau singkatnya MOU adalah kesepakatan yang terbentuk antara kedua belah pihak, Pastikan isi yang ada di proposal menguntungkan bagi pihak sponsor yang diberikan. Menurut Helsa, dari SMAN 63 Jakarta yang menjabat sebagai ketua sponsor, Panitia dituntut untuk bisa menjadi "sales" untuk menarik sponsor. Contohnya, untuk menarik kerja sama dengan Bank, panitia bisa jadi menjanjikan untuk membuka nasabah baru untuk bank tersebut.