Follow Us

Tips Mencuci Sepatu

Rian Sidik (old) - Selasa, 08 Juli 2014 | 09:25
Tips Mencuci Sepatu
Rian Sidik (old)

Tips Mencuci Sepatu

Selain merawat, salah satu kegiatan penting yang ahrus kta lakukan dengan hati-hati dan teliti adalah mencuci sepatu. Apalagi kalau habis kehujanan, dan sepatu terpaksa nyemplung ke dalam banjir. Wah, harus dicuci dengan penuh perhatian.

Mau tau cara mencuci sepatu yang baik dan benar? Cek langsung tips ala HAI di bawah ini.

1. Siapkan campuran air dengan dengan sabun cuci yang larutannya nggak sekeras pemutih atau sabun cuci baju. Biasanya, sih, yang cukup aman itu sabun cuci piring.

2. Saat mau cuci sepatu, lepas semua tali, dan sol pelapis telapak sepatu di bagian dalam. Lalu rendam dan bilas dengan air secara keseluruhan.

3. Terus, mulai sikat sepatu dengan air sabun. Inget, gunakan sikat yang lembut. Bagian luar dan dalam jangan lupa sikat juga, ya!

4. Kelar dibilas, mulai, deh, lakukan upaya pengeringan. Salah satu caranya adalah dengan masukin buntelan kertas ke sepatu. Ingat, jangan gunakan koran! Soalnya tinta koran mungkin aja luntur, dan justru nodai sepatu kita. Maksud fungsi kertas ini supaya menyerap air yang tersisa di sepatu aja, sih. Sekaligus, menjaga bentuk sepatu biar tetap oke.

5. Selama proses pengeringan, jangan lupa cuci sol bagian dalam dan tali sepatu yang tadi. Cuci pake cairan sabun yang sama tadi aja.

6. Setelah cukup kering, ambil buntelan kertas yang di sepatu, dan biarin bagian dalam sepatu itu sepay-spoy kena angin, hehehe.... Kalau tercium bau, taburin bubuk baking soda, deh. Tunggu, sampai benar-benar kering, baru, deh pasangin lagi tali dan sol bagian daslam sepatu.

7. Buat sepatu yang tebruat dari kulit, nggak ada salahnya juga disemir setelah di cuci. Biar makin kinclong. Selamat mencoba!

Editor : Hai

PROMOTED CONTENT

Latest