Follow Us

Fasilitas Sekolah Gratis PART III

Rian Sidik (old) - Senin, 30 September 2013 | 08:22
Fasilitas Sekolah Gratis PART III
Rian Sidik (old)

Fasilitas Sekolah Gratis PART III

Nah, kalau soal yang satu ini memang kebutuhan penting setiap orang, dimanapun dan kapanpun. Sayangnya, toilet-toilet dan westafel di sekolah-sekolah jarang terawat dengan baik. Komentar teman kita yang satu ini bisa jadi buktinya.

"Wastafel sekolah sering bocor, kamar mandi sudah usang, ruang organisasi yang mirip sama gudang, pokoknya sudah nggak layaklah buat kami selaku siswa," curhat Alwan dari SMAN 8 Yogyakarta.

Kebutuhan akan akses informasi yang tinggi di era globalisasi seperti saat ini, mempunyai seperangkat komputer dengan koneksi internet yang cepat adalah hukum wajib. Apalagi untuk urusan pendidikan dan sekolah, tapi sayangnya di beberapa sekolah yang telah mendapatkan fasilitas gratis, fasilitas komputer, akses internet, hingga layar proyektor nggak bisa digunakan secara maksimal.

"Fasilitas sekolah banyak yang rusak. Proyektor nggak kerawat dan banyak yang rusak. Komputer banyak yang nggak nyala dan outputnya banyak yang nggak terurus, fasilitas Wi-Fi disekolah yang koneksinya suka PHP" ujar Anissa dari SMAN 22 Jakarta.

Fasilitas Olahraga & Ekskul

Di luar jalur non-akademis, kegiatan-kegiatan olahraga dan ekskul juga kerap membawa nama sekolah menjadi harum dalam berbagai ajang kompetisi. Namun, ya, kendala seperti fasilitas dan budget masih menjadi momok, terutama bagi sekolah-sekolah gratis.

"Sejak sekolah gratis, banyak fasilitas sekolah yang nggak jalan, karena nggak ada dana, yang dulu itu sumbernya dari uang spp siswa. Ekskul yang saya bina kan, butuh latihan di luar sekolah juga, seperti snorkeling, mendaki gunung, dan camping di Cibubur, nah pemasukan terbesarnya kini nggak ada. Di sekolah, nggak hanya ekskul binaan saya saja yang merasa, tapi juga dari ekskul lain, malah ada yang mati suri ekskulnya," curhat Pak Mardi Otomo, guru olahraga, sekaligus pembina ekskul Pecinta Alam SMAN 79 Jakarta.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest