Follow Us

Tips Biar Nggak Cepat Lapar Saat Puasa

Ega Hai - Selasa, 01 Juli 2014 | 05:59
Tips Biar Nggak Cepat Lapar Saat Puasa
Ega Hai

Tips Biar Nggak Cepat Lapar Saat Puasa

Memasuki awal Ramadhan, berpuasa bagi sebagian orang terasa sangat berat. Maklum karena kita terbiasa mengonsumsi makanan minimal tiga kali sehari, cemilan setidaknya dua kali sehari dan minum sepuasnya. Kini kamu harus menahan hawa nafsu, plus lapar dan dahaga.

Tapi kondisi itu nggak perlu kita alamin kalau kita udah niat dan tau kiat-kiatnya. Simak nih tips biar nggak cepat lapar saat puasa!

Beberapa pakar kesehatan menyarankan agar ketika sahur sebaiknya memilih makanan yang nilai karbohidratnya rendah. Siapa yang suka makan mie instan pas sahur? Mulai sekarang hindari makan mie instan pas sahur. Karena kandungan glikemiknya (nilai karbohidrat) tergolong tinggi. Nah, makanan yang indeks glikemiknya tinggi bisa membuat seseorang merasa lebih cepat lapar.

Agar tubuh kita tetap berenergi sepanjang hari, saat sahur ada baiknya kamu mengonsumsi makanan berserat tinggi sebagai santapan utama. Bisa dicampur dengan makanan berserat seperti sayuran dan kacang-kacangan. Dengan mengonsumsi makanan yang berserat, kamu bakal mendapatkan efek kenyang yang lama dan tidak akan mudah lapar.

Selain itu, makan makanan yang berprotein seperti ikan, ayam, telur dan tahu, karena akan membuat tubuh jadi lebih berenergi. Mengonsumsi lemak yang baik (HDL) juga disarankan. Lemak baik itu bisa didapat dari ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa murni, dan avokad yang memiliki peran penting dalam menyediakan energi bagi tubuh.

Ada lagi nih yang harus dihindarin selain mie instan, yaitu makanan yang terlalu asin atau mengandung kadar garam yang tinggi karena hanya akan membuat tubuh cepat lapar dan dehidrasi. Walaupun tubuh berpuasa selama sekitar 12 jam, jangan pernah lupa untuk minum air putih sebanyak 8 atau 9 gelas setiap hari. Agar tetap bugar, olahraga juga nggak dilarang saat puasa. Tapi tentu saja olahraga yang ringan dan nggak memerlukan tenaga ekstra.

Sumber: Kompas Cetak

Editor : Ega Hai

Baca Lainnya

Latest