Follow Us

Trip ke Pangandaran - Green Canyon: Jelajah Dua Surga Hijau

- Kamis, 07 Mei 2015 | 09:59
Trip ke Pangandaran Green Canyon Jelajah Dua Surga Hijau
Hai Online

Trip ke Pangandaran Green Canyon Jelajah Dua Surga Hijau

Pernah mendengar Green Canyon? Bukan Grand Canyon yang ada di Amrik, lho! Tapi lokasi wisata ini ada di daerah Ciamis. Ya, kita backpacking ke Ciamis dan bakal ke dua tempat, namanya Pangandaran - Green Canyon, ini penjelajahan dua surga berwarna hijau indah, bro!

Walau lokasinya di negeri sendiri, pemandangannya nggak kalah ciamik sama yanga da di AMmrik. Untuk itulah, lewat jalur ini, kami memutuskan mengunjungi situs ini. Yuk simak catatan perjalan kami! Dimulai dari menjelang subuh tiba di Pangandaran!

Alam Pangandaran

Bus yang kami tumpangi selama 9 jam dari Bekasi akhirnya sampai juga di terminal Pangandaran. Hiruk pikuk kegiatan pasar di sana sudah mulai terasa. Setelah sebentar berbaur dengan ibu-ibu di pasar, kami memisahkan diri untuk masuk menuju Pantai Pananjung lewat gerbang utama dengan membayar tiket 2500 perak (2010.red).

Sebagai turis, tentu saja kami harus jeli memilih dan menawar losmen yang ada. Alhasil, penginapan Pondok Anggrek dengan tarif 100 ribu perak perhari jadi solusi. Tujuan selanjutnya adalah Cagar Alam Pananjung.

Untuk sampai di sana ada dua cara. Lewat jalur darat dengan membayar tiket 7 ribu atau mengunakan perahu sambil berwisata bahari dengan tarif Rp.200 ribu. Jelas kami pilih cara kedua. Karena lewat jalur laut sensasi keindahannya bakal lebih eksotis menyatu dengan alam bebas dan sedap untuk nikmati, hehehe.

Ternyata, Tsunami 17 Juli 2006 nggak mengurangi keindahan kawasan Cagar Alam Pananjung. Selama perjalanan, kami dimanjakan lukisan alam yang mengagumkan. Hamparan pasir putih, jenis karang-karang dengan artistik mengesankan, Goa Walet yang penuh misteri sampai bebatuan sarat mitos yang seolah menyampaikan pesan persahabatan lewat visualnya.

Sesampainya di Taman Wisata Alam, kami diajak menyusup dari gua ke gua. Yang paling unik adalah Gua Parat atau Gua Keramat. Konon dulu pernah jadi tempat bertapa pangeran dari Mesir. Mungkin itu sebabnya dalam gua ini banyak bebatuan yang menyerupai bentuk Unta, Paha Ayam, sampai Alat Kelamin manusi hohoho.

Satu lagi yang jangan sampai terlewatkan adalah Pemandian Dewi Rengganis. Dulu, pemandian ini jadi tempat favorit para Ronggeng dan Sinden. Sekarang jadi tempat favorit para turis. Menurut kuncennya, air ini berkhasiat. Selain jernih dan dapat diminum, bagi orang yang mandi di genangan air pemandian ini pas malam Jumat bakal diberi kepercayaan diri meraih cita-citanya! Duh aneh-aneh aja kan?

Lanjut di kawasan ini, pengunjung juga bisa menikmati air terjun, melihat keelokan Bunga Raflesia, peninjauan banteng, situs Candi Hindu, dan aneka satwa lainnya seperti Monyet, Rusa dan Ular Hijau.

Kaya wisata alamnya, bukan?

Editor : Hai

Baca Lainnya

Latest