Follow Us

Preview Balapan Gymkhana Race War 2013

Rian Sidik (old) - Jumat, 06 September 2013 | 02:33
Preview Balapan Gymkhana Race War 2013
Rian Sidik (old)

Preview Balapan Gymkhana Race War 2013

Indonesia International Motor Show (IIMS) 2013 sudah di depan mata. Salah satu website otomotif ternama di Indonesia, www.dapurpacu.commelalui perusahaan PT. Dapur Pacu Indonesia bekerjasama dengan PT Dyandra Promosindo sebagai penyelenggara IIMS 2013, akan menghadirkan warna lain dalam gelaran IIMS tahun ini yang hadir pada 19 - 29 September di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Apa itu? Adalah IIMS Gymkhana Race War yang merupakan bentuk baru balapan mobil yang berkembang pesat di sejumlah negara termasuk di Indonesia. Komunitas olahraga bermotor ini sudah tumbuh di Indonesia namun baru kali inilah dilombakan secara resmi.

Event pengganti IIMS Drift War ini adalah pengembangan dari Drifting yang dimodifikasi sehingga lebih seru, menantang, dan atraktif sebagai tontonan. Lintasannya pun diperbaharui dengan sejumlah handicap dan tikungan yang beragam, mulai dari 180 sampai 360 derajat, sampai lintasan berbentuk angka 8. Bisa dibilang Gymkhana adalah kombinasi dari Drifting dan Slalom yang sudah dikenal luas selama ini.

Olahraga yang cepat terkenal berkat cuplikan di youtube.com ini, akan diperagakan oleh Ken Block, pereli papan atas AS. Nah disinilah popularitas Gymkhana, yang asal katanya dipinjamkan dari istilah olahraga berkuda tersebut menjadi terkenal di beberapa dunia termasuk Indonesia.

Ketua Penyelenggara Gymkhana, Bapak Andry A. Adrian dari PT Dapur Pacu Indonesia menejelaskan dalam kesempatan jumpa pers di restoran daerah Kemang, Jakarta Selatan pada Kamis (5/9. Bersama pihak GT Radial yang menjadi supplier ban tunggal untuk hajatan ini berikut wakil sponsor lainnya seperti Toyota, Daihatsu, Tata Motors, dan KIA. Ia menambahkan, balapan yang berlangsung 26-27 September terbuka untuk umum dan dibatasi sampai 50 mobil saja.

Nantinya akan ada empat kelas yang dilombakan, yakni mobil penggerak roda depan (Front Wheel Drive) di kelas 1.000-1.200cc, 1.201-1.400cc, 1.401-1.600cc, dan kelas FFA (Free For All) RWD (tarikan ban belakang).

"Gymkhana murni time attack, itu tolok ukur utama. Beda dengan Drift yang masih ada unsur subyektifitasnya karena ada dewan juri yang salah satu faktor penilaiannya adalah aspek keindahan peserta dalam bermanuver. Semua jenis sedan bisa ikut balapan ini, boleh dimodifikasi tapi tentunya harus sesuai dengan regulasi dan peraturan pelengkapnya. Pendaftaran dibuka sampai 16 September," kata Pak Andry.

Penasaran seperti apa? Tunggu ulasan Hai berikutnya ya..

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest