Follow Us

Perubahan Baru di Kurikulum 2013 (Part I)

Rian Sidik (old) - Rabu, 10 Juli 2013 | 13:00
Perubahan Baru di Kurikulum 2013 Part I
Rian Sidik (old)

Perubahan Baru di Kurikulum 2013 Part I

Kurikulum 2013 akan segera mulai dilaksanakan bagi warga baru SMA alias kelas X. Pergantian kurikulum ini memang telah lama digembar-gemborkan oleh pemerintah lewat Kemendikbud. Jika diteliti secara spesifik, memang banyak hal baru yang berbeda dengan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang kita gunakan sebelumnya dengan Kurikulum 2013 ini.

Apa saja perbedaan itu? Check this out!

a. Penjurusan digantikan Peminatan

Peminatan dilaksanakan pada awal kelas X ketika siswa baru masuk ke sekolah. Jadi siswa bisa memilih sendiri mata pelajaran. Namun, peminatan ini harus sesuai dengan keputusan hasil nilai UN, Rapot, Ujian Masuk dan pihak Bimbingan Konseling.

b. Berbasis Kompetensi Inti dan Dasar

Maksud dari kompetensi ini adalah mendapatkan proses pembelajaran dengan nilai akhir terhadap kualitas skill, attitude dan knowledge yang menjadi dasar siswa belajar.

Metode pembelajarannya pun dibuat lebih interaktif, yaitu mengacu discovery learning and project based learning. Di mana. siswa dan pengajar bersama-sama aktif dalam pembelajaran. Misalkan saja, dengan menggalakan hasrat keinginan tahuan siswa terhadap sesuatu hal.

Editor : Rian Sidik (old)

PROMOTED CONTENT

Latest