Follow Us

Situ Cisanti, Surga Hijau Tersembunyi Yang Wajib Disambangi

Adhie Sathya - Selasa, 30 Desember 2014 | 06:34
Situ Cisanti Surga Hijau Tersembunyi Yang Wajib Disambangi
Adhie Sathya

Situ Cisanti Surga Hijau Tersembunyi Yang Wajib Disambangi

Guys, pernah dengan nama Situ Cisanti? Ya, Situ yang terletak di kabupaten Bandung ini memang kurang terdengar namanya kalo dibandingin dengan objek wisata lainnya. Sebenarnya Situ ini punya potensi wisata yang sangat tinggi. Kondisi alam sekitar yang serba hijau, tenang dan sejuk dapat membuat siapa pun terhipnotis sejenak dan lupa akan rutinitas yang membosankan.

Untuk menuju ke sananya pun nggak susah. Anggaplah kita telah berada di salah satu hotel di Bandung,kita bisa langsung mengarah ke selatan dari kota Bandung menuju desaTarumajaya, Kecamatan Kertasari di kaki Gunung Wayang. Kita bakal menempuh jarak 60 km dengan menghabiskan waktu 2-3 jam perjalanan. Nggak akan terasa kok kalo jalan bareng teman-teman. Yakin!

FYI, Situ Cisanti ini punya cerita dan sejarah yang panjang, Situ Cisanti termasuk ke dalam area Perum Perhutani di kampung Pejaten Desa Tarumajaya, kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung. Di kawasan ini ada 7 mata air yaitu Pangsiraman, Cikoleberes, Cikawedukan, Cikahuripan, Cisadane, Cihaniwung dan Cisanti. Ketujuh mata air ini mengalir ke Situ Cisanti sebelum mengalir ke Sungai Citarum dan berakhir di Laut Utara Jawa, yaitu di Muara Gembong Bekasi.

Berjalan mengitari Situ Cisanti seluas sekitar 10 hektar di kaki Gunung Wayang dan menghirup udara sejuk dan menikmati hijaunya alam adalah surga dunia. Selain itu, duduk-duduk di pinggir situ, atau kalau berani dan tahan dingin, kita bisa ikut gabung dengan para pencari lumut, ikan kecil yang hidup di situ Cisanti, nyebur langsung ke air situ yang dingin. Nah, gimana, siap liburan ke sana bareng geng kamu? Yuk!

Editor : Adhie Sathya

Latest