Follow Us

Adik Baru Di Rumah

Gitarama - Selasa, 12 November 2013 | 03:51
Adik Baru Di Rumah
Gitarama

Adik Baru Di Rumah

Pertanyaan:

HAI, ortu sy umurnya uda 40 tahunan, gra2 ga bs punya anak lg stlah gua yg anak satu2nya ini lahir, kmrn mreka bilg mo ngangkat anak buat jd adek gua, gua si kga stuju, soalnya nnt pst kasih syang sm uang jajan buat gue jd dipotong dah, ntar gua jg jd ga disyang lg! Lagian si nyokap jg uda tua, kasian jg kan klo ada bayi. Gua jg males klo punya adek lg. Plis saran dong!

Kiki via email

Jawaban:

Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi.

Sebagai remaja, wajar jika kamu memiliki pendapat yang berbeda dari orangtuamu. Hal ini terjadi, karena remaja umumnya belajar untuk memiliki pendapatnya sendiri. Namun ketika pendapat itu berlainan, ada baiknya jika hal ini dikomunikasikan.

Komunikasi disini bukan artinya menyerang, tetapi bertanya, apa sih alasan terdalam mereka melakukannya. Jangan puas hanya dengan jawaban ingin punya anak lagi. Tapi kamu bisa memberikan pertanyaan lanjutan, misalnya apa sih yang kurang dari saya, sehingga ingin mengadopsi anak. Jangan lupa untuk menyampaikan kekhawatiran yang kamu rasakan saat punya adik baru. Kemudian, dengarkan baik-baik jawaban orangtua. Sehingga nantinya kita bisa tahu rencana orangtua dan cara menyesuaikan diri dengan keadaan yang baru.

Saya menyarankan pertanyaan ini dilontarkan saat santai dan waktu luang. Hindari momen yang tidak tepat, seperti saat pulang kerja atau ketika orang tua sedang sibuk. Bangunlah suasana yang akrab, hingga tidak menimbulkan pertengkaran.

Ketakutan itu wajar, apalagi beberapa manusia ada yang tidak menyukai perubahan. Seperti adanya orang baru di dalam rumah. Tetapi, jangan takut kekurangan kasih sayang atau lainnya. Perubahan yang terjadi, bisa saja baik untuk diri kita sendiri. Sikap terlalu menutup diri justru dapat menjadi penghalang diri untuk berkembang.

Namun demikian, sikap kamu juga perlu diapresiasi. Sebab hal ini menunjukkan kamu punya perhatian kepada orangtua. Yang perlu diingat, orang tua pasti tetap menyayangi kamu, dengan atau tanpa adik baru.

Editor : Hai

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest