Follow Us

Payudara Cowok Bisa Membesar Juga

Gitarama - Kamis, 05 Desember 2013 | 14:21
Payudara Cowok Bisa Membesar Juga
Gitarama

Payudara Cowok Bisa Membesar Juga

Nggak cuma cewek yang bisa punya payudara, cowok pun bisa mengalami hal yang sama. Buat sebagian orang, kedua gundukan yang berisi jaringan lemak, kelenjar, serta saluran tersebut merupakan lambang keindahan perempuan. Bagaimana bila kemudian cowok memiliki payudara yang membesar?

Kondisi payudara yang membesar pada anak atau laki-laki dewasa disebut ginekomastia. Keadaan ini umumnya ditemukan pada remaja dan laki-laki yang berusia tua. Pembesaran payudara tersebut dapat bervariasi ukurannya, dari hanya jaringan tambahan di sekitar puting hingga pembesaran seluruh payudara. Kadang jaringan payudara tersebut dapat terasa nyeri.

Penasaran kenapa hal ini bisa terjadi? Berikut beberapa penyebab ginekomastia:

Ketidakseimbangan hormone

Ginekomastia dapat disebabkan ketidakseimbangan antara hormon testosteron dan estrogen. Estrogen menyebabkan jaringan payudara tumbuh. Semua laki-laki sebetulnya memproduksi estrogen dalam jumlah sedikit, namun kadarnya jauh di bawah testosteron. Bila keseimbangan hormon tubuh berubah, jaringan payudara pun tumbuh.

Adanya estrogen ibu pada bayi laki-laki yang baru lahir

Kondisi ini bersifat sementara dan akan hilang dalam beberapa minggu.

Pubertas

Saat pubertas, kadar hormon anak laki-laki bervariasi. Bila kadar testosteron turun, estrogen akan menyebabkan jaringan payudara tumbuh. Ginekomastia pada pubertas ini biasanya hilang seiring dengan bertambahnya usia remaja saat kadar hormon mereka lebih stabil.

Sumber: Klik Dokter

Editor : Gitarama

PROMOTED CONTENT

Latest