Follow Us

Tips Berburu Kuliner Selama Liburan di Luar Kota

Adhie Sathya - Kamis, 05 Juni 2014 | 13:59
Tips Berburu Kuliner Selama Liburan di Luar Kota
Adhie Sathya

Tips Berburu Kuliner Selama Liburan di Luar Kota

Liburan nggak akan lengkap kalau belum wisata kuliner. Misalnya, kamu ke Makassar, nggak akan lengkap kalau belum mampir ke Karebosi buat makan Konro Bakar.

Makanya urusan kuliner, yang jelas mesti coba semua makanan tradisionalnya. Nggak boleh nggak! Tapi milihnya mesti bener.

"Kalau milih makanan tuh, cari tahu aja dari orang sekitar atau yang paling pas tuh, dari sopir mobil sewaan. Biasanya hafal," cerita Pepen, mahasiswa Universitas Padjadjaran yang sering melancong ke pelosok Indonesia waktu liburan.

"Intinya sih, jangan percaya yang selalu rame. Belum tentu enak. Justru harus cari yang outdoor. Selain dipercaya pasti enak, kita tahu cara masaknya juga. Sejauh ini terjamin kok," tambahnya semangat.

Nah, itu tadi dari teman kita yang memang doyan jalan-jalan keliling Indonesia. Kalau tips dari HAI, beberapa di antaranya bisa kamu 'sikat' nih :

1. Kepoin Akun Twitter Orang Daerah Setempat

Bener banget, kita mesti kepoin akun Twitter orang daerah setempat. Kalau nggak kepoin mereka, nggak akan tahu tempat makan yang enak gimana. Kamu mesti search misalnya pengen makan konro pas di Makassar. Ketik Konro Makassar di search engine akun Twitter kamu. Keluar kan, tuh, apa yang kamu cari. Kepoin, terus gebet deh. Bukan, bukan orangnya, tapi gebet kulinernya!

2. SKSD Sama Penjaga Cafe di Hotel

Kalau nginep di hotel yang menyediakan cafe buat sarapan dan makan malam, kamu bisa SKSD (sok kenal sok dekat) sama penjaga cafenya. Tanya ini itu lah ya soal kuliner daerah setempat. Boleh juga tuh, kalau tanya bikin resepnya gimana. Dijamin puas dan akurat deh, kalau dapat info dari penjaga cafe. Secara gitu, yang masak makananmu di hotel juga kan?

3. Cari Restoran Bertempat Nggak Strategis

Kalau biasanya yang lokasinya strategis itu pasti ramai, tapi urusan rasa belum tentu. Coba deh, cari restoran atau tempat makan yang lokasinya nggak strategis atau bahkan nggak ada di peta, misalnya di pulau apa gitu. Biasanya, rasa dan kenikmatan makanannya bakal jauh lebih enak. Meskipun di tempat strategis itu sama makanannya.

4. Minta Saran Chef Ternama di Twitter

Nah, ini dia nih, yang rada bener tipsnya. Para chef ternama yang punya akun Twitter pasti suka ngetwit tentang kuliner yang wajib dicoba kalau lagi berlibur ke suatu tempat. Kepoin aja Twitternya dan googling aja makanan yang ditwit olehnya. Pasti enak tuh!

Editor : Adhie Sathya

Baca Lainnya

Latest